[SALAH] Sebuah Koran Menyebut Bill Gates Melakukan Depopulasi Melalui Pemaksaan Vaksinasi

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Informasi Palsu. Pernyataan pada Koran tersebut diambil dari salah satu pemaparan konsep Bill Gates di TEDx talks tahun 2010 mengenai inovasi pengendalian emisi karbon. Namun, tidak satupun pernyataan Bill Gates yang menyarankan untuk melakukan depopulasi melalui pemaksaan vaksinasi.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Facebook

https://archive.ph/4I4lJ

======

NARASI:
Met this amazing lady today She’d kept the paper since 2011.
Judul Koran: “”Depopulation Through Forced Vaccination: The Zero Carbon Solution!”
Wanita ini menyimpan koran th.2011 yg isinya “untuk mengurangi populasi penduduk dunia maka akan dipaksakan dengan cara Vaksinasi”
Depopulation through forced vaccination: The zero carbon solution… Artinya depopulation (pengurangan penduduk bumi) dengan cara wajib vaksinasi) adalah solusinya untuk mengurangi emisi karbor di planet bumi…

=====
PENJELASAN:
Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Mumun As berupa gambar wanita membawa sebuah Koran berjudul “Depopulation Through Forced Vaccination: The Zero Carbon Solution!”. Dalam Koran tersebut juga terdapat foto Bill Gates, yang diklaim bahwa agenda Depopulasi tersebut adalah rencana Bill Gates.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim Mumun As adalah Palsu. Kalimat pada koran mengambil referensi dari pemaparan Bill Gates di TEDx talks tahun 2010, mengenai solusi untuk mengurangi emisi karbon menuju “zero emissions”. Dalam pemaparannya Bill Gates menyebut ada 4 inovasi yang bisa dilakukan salah satunya yakni mengontrol stabilitas pertumbuhan populasi di bumi.

Namun, dalam video lengkapnya, Bill Gates tidak menyebut cara mengontrol populasi dengan pemaksaan vaksinasi. Adapun caranya yakni dengan meningkatkan kualitas sistem kesehatan dan pelayanan vaksinasi.

Yayasan Bill & Melinda Gates, menjelaskan lebih lanjut mengenai stabilisasi populasi ini. Bahwa dengan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat maka akan berdampak juga pada turunnya angka mortalitas dan ledakan populasi.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Mumun As adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====
REFERENSI:
https://www.google.com/amp/s/amp.usatoday.com/amp/6564548001


https://www.ted.com/talks/bill_gates_innovating_to_zero/transcript

[SALAH] Bill Gates Menyarankan Melakukan Depopulasi Dengan Vaksinasi Untuk Solusi Nol Karbon

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian