[SALAH] Judul Berita Jatim.suara.com “Setelah Polres Pamekasan Dikepung Warga, Polisi Pilih Bebaskan Habib Yusuf Alkaf Terduga Dalam Kasus Pencabulan”

Hasil Periksa Fakta Ari Dwi Prasetyo.

Hasil Editan. Judul asli dari artikel berita jatim.suara.com tersebut adalah “Meski Polres Pamekasan Dikepung Warga, Polisi Tetap Amankan Habib Yusuf Alkaf Terduga Dalam Kasus Pencabulan
“, tayang pertama kali pada 01 Februari 2022 pukul 16.19.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

SUMBER: Twitter

https://archive.vn/yrepM

NARASI:
Judul artikel berita Jatim.suara.com :
” Setelah Polres Pamekasan Dikepung Warga, Polisi Pilih Bebaskan Habib Yusuf Alkaf Terduga Dalam Kasus Pencabulan “
01 Februari 2022 pukul 16.19 WIB

=====

PENJELASAN:
Beredar cuitan di Twitter oleh akun @blantik_pedhet1 yang memposting sebuah gambar screenshot artikel berita dari Jatim.suara.com berjudul “Setelah Polres Pamekasan Dikepung Warga, Polisi Pilih Bebaskan Habib Yusuf Alkaf Terduga Dalam Kasus Pencabulan”. Dalam artikel tersebut juga disertai gambar dengan keterangan polisi membebaskan Habib Alkaf terduga kasus pencabulan [Foto: Suarajatimpost].

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, postingan tersebut adalah hoaks. Artikel aslinya berjudul ” Meski Polres Pamekasan Dikepung Warga, Polisi Tetap Amankan Habib Yusuf Alkaf Terduga Dalam Kasus Pencabulan “, tayang pertama kali pada 01 Februari 2022 pukul 16.19 WIB. Gambar yang ditampilkan dalam artikelnya juga sama namun dengan keterangan Kantor Polres dikepung massa saat penangkapan Habib Alkaf terduga kasus pencabulan [Foto: Suarajatimpost].

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa tangkapan layar yang diunggah oleh @blantik_pedhet1 adalah hoaks dan termasuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

=====
REFERENSI:

https://jatim.suara.com/read/2022/02/01/161925/setelah-polres-pamekasan-dikepung-warga-polisi-pilih-bebaskan-habib-yusuf-alkaf-terduga-dalam-kasus-pencabulan