[SALAH] “HARI RAYA IMLEK, HADIR & BERKERUMUN TANPA PROKES sdh diCONTOHkan oleh Jokowi”

Ketiga foto yang disebarkan tersebut adalah saat Jokowi hadir pada perayaan Imlek 30 Januari 2020, sebelum Covid-19 menjadi pandemi global dan resmi diumumkan masuk ke Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFRENSI
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Joko Raja Hutang (fb.com/100075879923629) pada 2 Februari 2022 mengunggah tiga foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan Hari Raya Imlek dengan berkerumun dan tanpa protokol kesehatan dengan narasi sebagai berikut:

“VIRUS CORONA TIBA2 HILANG & LENYAP di HARI RAYA IMLEK….!!! HADIR & BERKERUMUN TANPA PROKES sdh diCONTOHkan oleh Jokowi….!!! VIRUS CORONA NTAR AKAN DIMUNCULKAN LAGI pada BULAN PUASA RAMADHAN MENDEKATI HARI RAYA IDUL FITRI…!!!”

Sumber: perma.cc/QH7Q-2VEN (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya tiga foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan Hari Raya Imlek dengan berkerumun dan tanpa protokol kesehatan yang dikaitkan dengan virus Corona merupakan klaim yang salah.

Faktanya, ketiga foto yang disebarkan tersebut adalah saat Jokowi hadir pada perayaan Imlek 30 Januari 2020, sebelum Covid-19 menjadi pandemi global dan resmi diumumkan masuk ke Indonesia.

Dilansir dari Tempo, foto yang identik dimuat di situs Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden yang dipublikasikan pada 30 Januari 2020. Total terdapat 31 foto karya fotografer BPMI Setpres, Muchlis Jr berjudul Presiden Hadiri Perayaan Imlek Nasional 2020.

BPMI Setpres memberi keterangan bahwa Presiden Joko Widodo menghadiri perayaan Imlek Nasional di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten pada Kamis, 30 Januari 2020. Presiden Jokowi hadir dengan mengenakan pakaian tradisional changshan berwarna merah menyampaikan ucapan selamat bagi komunitas Tionghoa di Indonesia dalam perayaan yang mengangkat tema “Bersatu untuk Indonesia Maju”.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1636/keliru-jokowi-merayakan-imlek-tanpa-protokol-kesehatan
https://www.presidenri.go.id/foto/presiden-hadiri-perayaan-imlek-nasional-2020/z

About Adi Syafitrah 1361 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo