[SALAH] Memukul Telapak Kaki Orang yang Tersengat Listrik Sebagai Pertolongan Pertama

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Memukul telapak kaki orang yang tersengat listrik bukan bagian dari cara penyelamatan.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Twitter
https://archive.fo/duEpE

= = = =

NARASI:

“Jika kita melihat ada orang yg kesetrum Listrik dikisaran 10-15 detik maka sbg pertolongan pertama segera pukul telapak kakinya agar darah kembali mengalir ke seluruh tubuh. Silahkan dishare kpd seluruh sahabat dan kerabat kita yah ”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah unggahan oleh akun Twitter Rudy Valinka yang mengatakan bahwa jika terdapat orang yang tersengat listrik, segera pukul telapak kakinya. Unggahan tersebut juga memuat sebuah video yang menunjukkan terdapat orang yang terdengat lisrik. Ketika dipukul telapak kakinya, orang tersebut langsung berdiri.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Dokter umum di Puskesmas Gedongan, Kota Mojokerto, yakni dr Wahyu Tri Kusprasetyo mengatakan bahwa langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menolong orang yang tersengat listrik adalah dengan memastikan tidak ada aliran listrik di sekitar korban. Lalu penolong bisa menilai kesadaran korban dengan memanggil korban, merangsang nyeri ataupun menepuk badan korban. Jika korban tidak memberikan respon, penolong dapat menghubungi layanan darurat agar korban ditangani oleh tenaga profesional.

Dengan demikian, unggahan akun Twitter Rudy Valinka tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:
https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/health/2022/01/06/121207/viral-orang-tersengat-listrik-dipukul-kakinya-agar-bangun-benarkah-efektif
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/cekfakta/read/2022/01/07/132210182/hoaks-memukul-telapak-kaki-korban-kesetrum-untuk-pertolongan-pertama

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian