[SALAH] Video “raja Bahrain dikawal robot”

BUKAN Raja Bahrain dan bukan robot pengawalnya. Robot di video itu adalah robot hiburan bernama Titan yang menyapa para pengunjung di pameran pertahanan Uni Emirat Arab (UEA) di Abu Dhabi pada tahun 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Ikayma Yakub (fb.com/ikayma.guci) pada 18 Januari 2022 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seorang pria yang sedang berjalan diikuti robot dengan narasi sebagai berikut:

“Gile bener raja Bahrain yg ngawal robot Udeh kayak felem felem aje”

Sumber: https://perma.cc/U5FN-FPH6 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, ada yang video yang memperlihatkan seorang pria yang sedang berjalan diikuti robot yang diklaim sebagai Raja Bahrain yang dikawal oleh robot merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan Raja Bahrain dan bukan robot pengawalnya. Robot di video itu adalah robot hiburan bernama Titan yang menyapa para pengunjung di pameran pertahanan Uni Emirat Arab (UEA) di Abu Dhabi pada tahun 2019.

Video yang identik, diunggah oleh kanal Youtube riyou pada 23 Februari 2019 dengan judul “IDEX 2019 in Abudhabi”.

Sebelumnya, klaim yang sama pernah diperiksa faktanya melalui artikel berjudul [SALAH] Video “Raja Bahrain tiba di Dubai dengan pengawal robotnya” yang terbit di turnbackhoax.id pada 21 Agustus 2020. Dilansir dari artikel ini, Titan adalah kostum robot yang sebagian dijalankan dengan bantuan mekanis yang dikembangkan oleh Cyberstein Robots yang berbasis di Inggris.

Selain itu dilansir dari Tempo, Robot Titan kerap digunakan oleh perusahaan manajemen acara di UEA dan di seluruh dunia untuk menambahkan sesuatu yang sangat istimewa pada festival, pesta perusahaan, atau sebagai hiburan pusat perbelanjaan terbaik. Kejenakaan komedinya disukai oleh anak-anak dan orang dewasa.

Sementara itu, situs Indiatimes.com menyatakan bahwa pria di depan robot Titan bukanlah Raja Bahrain Hamad bin Isa al-Khalifah. Situs ini mengunggah foto raja Bahrain sebagai penegasan bantahan terhadap klaim yang kadung beredar. Foto sang Raja juga bisa dilihat di situs web Kementerian Luar Negeri Bahrain.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=LCQ15g1KVzg
https://turnbackhoax.id/2020/08/21/salah-video-raja-bahrain-tiba-di-dubai-dengan-pengawal-robotnya/
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1626/keliru-video-raja-bahrain-dikawal-robot-raksasa-saat-tiba-di-dubai
https://www.indiatimes.com/technology/news/king-of-bahrain-titan-robot-fact-check-520355.html
https://www.mofa.gov.bh/Default.aspx?tabid=7661&language=en-US

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo