[SALAH] Video “Raja Bahrain tiba di Dubai dengan pengawal robotnya”

Bukan Raja Bahrain dan bukan robot pengawal. Robot di video itu adalah robot hiburan bernama Titan yang menyapa para pengunjung di pameran pertahanan Uni Emirat Arab (UEA) di Abu Dhabi pada tahun 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Yatie Cassad (fb.com/yatie.zelda) mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Raja Bahrain tiba di Dubai dengan pengawal robotnya yang dilengkapi dengan kamera untuk melacak 360 derajat dan dilengkapi pistol. Teknologi bergerak sangat cepat dari sebelumnya dalam sejarah”

Sumber : http://archive.md/3vFQg (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelurusan, klaim adanya Raja Bahrain tiba di Dubai dengan dikawal robot yang dilengkapi dengan kamera untuk melacak 360 derajat dan dilengkapi pistol adalah klaim yang salah.

Faktanya, pria di video itu bukan Raja Bahrain dan bukan robot pengawal. Robot di video itu adalah robot hiburan bernama Titan yang menyapa para pengunjung di pameran pertahanan Uni Emirat Arab (UEA) di Abu Dhabi pada tahun 2019.

Video yang sama, diunggah di YouTube pada tanggal 24 Februari 2019, yang menunjukkan adegan yang sama dengan video di unggahan menyesatkan. Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, judul video yang berdurasi 3 menit 28 detik itu adalah: “Robot Titan setinggi 8 kaki menyapa para pengunjung di pameran pertahanan UEA di Abu Dhabi”.

Titan adalah kostum robot yang sebagian dijalankan dengan bantuan mekanis yang dikembangkan oleh Cyberstein Robots yang berbasis di Inggris. Pameran dan Konferensi Pertahanan Internasional, atau IDEX, adalah satu-satunya acara perdagangan pertahanan internasional di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang diadakan dua tahun sekali di Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi (ADNEC).

Sementara itu, situs Indiatimes.com mengatakan bahwa pria di depan robot Titan bukanlah Raja Bahrain Hamad bin Isa al-Khalifah. Situs ini mengunggah foto raja Bahrain sebagai penegasan bantahan terhadap klaim yang kadung beredar. Foto sang Raja juga bisa dilihat di situs web Kementerian Luar Negeri Bahrain.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/video-ini-menunjukkan-robot-menyapa-pengunjung-pameran-pertahanan-di-abu-dhabi-di-tahun-2019
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNx4xAaN-video-penampakan-raja-bahrain-dikawal-robot-bersenjata-ini-faktanya
https://www.youtube.com/watch?v=L2bzTxny0XM
https://www.insidermedia.com/news/south-west/dit-supports-robot-firm-secure-chinese-contract
https://www.indiatimes.com/technology/news/king-of-bahrain-titan-robot-fact-check-520355.html
https://www.mofa.gov.bh/Default.aspx?tabid=7661&language=en-US

About Adi Syafitrah 929 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo