[SALAH]: Kecelakaan Truk Rem Blong Di Balikpapan Terjadi Tanggal 21 dan Korban Meninggal 21 Orang

Bukan 21 orang meninggal dunia. Korban yang mengalami luka ringan sebanyak 26 orang, luka berat 4 orang dan yang meninggal dunia ada 4 orang.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/fgao2)

======

[NARASI]:

“BARU SADAR Kecelakaan Mobil Truck rem blong Di balik papan terjadi pada tanggal 21/1/2022. Terjadi tanggal 21 korban meninggal 21 orang”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook bernama Hatni boyd mengunggah sebuah tangkapan layar dari platform media sosial Helo berisi narasi mengenai kecelakaan beruntuk di Balikpapan pada 21 Januari 2022 lalu. Dalam tangkapan layar tersebut terdapat narasi klaim yang menyebut bahwa korban meninggal dalam kecelakaan tersebut sebanyak 21 orang yang sama dengan tanggal kejadian.

Berdasarkan hasil penelusuran, Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) membantah ada 21 korban akibat kecelakaan maut tabrakan truk tronton maut di turunan Simpang Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat, 21 Januari 2022.

“Enggak (21 orang yang meninggal dunia), 4 orang. hoax itu (21 orang meninggal dunia), bohong,” kata Yusuf saat dikonfirmasi wartawan. Menurut dia, korban yang mengalami luka ringan atas tabrakan truk tronton maut yang dikemudikan oleh MA sebanyak 26 orang, dan luka berat ada 4 orang.

“Yang kritis menjadi luka berat,” jelas dia.

Ia mengatakan satu orang korban sudah ada yang dibawa pulang oleh keluarganya dari rumah sakit. Namun, ia belum mengetahui identitas korban yang dibawa pulang tersebut.

Seperti diketahui, dari pantauan CCTV terlihat jelas kecelakaan terjadi melibatkan truk tronton yang melaju kencang dari arah belakang menghantam sejumlah kendaraan bermotor yang sedang berhenti di lampu merah.

Truk tronton nomor polisi KT-8534-AJ semula melaju dari arah Jalan Pulau Balang Km 13, Karang Joang, Balikpapan Utara, dengan mengangkut 20 ton kapur pembersih air. Menurut keterangan supir truk, penyebab kecelakaan itu karena truk mengalami rem blong saat melintasi jalan turunan tersebut.

======

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/2658069/misinformasi-kecelakaan-maut-balikpapan-tewaskan-21-orang

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1442763-polisi-kabar-21-orang-meninggal-akibat-tabrakan-maut-di-kaltim-hoax