[SALAH] Video Seekor Macan Tutul Mengasuh Bayi Impala

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan

Hal tersebut tidak benar. Video tersebut merupakan gabungan dari 2 video yang diedit seolah-olah macan tutul tersebut mengasuh bayi impala hingga besar.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===============
Konten : Konten yang dimanipulasi

Beredar sebuah video yang dibagikan pada akun Facebook Joaquín Aragón pada 19 Oktober 2020. Dalam video tersebut terlihat seekor impala yang sedang melahirkan anaknya namun tiba-tiba seekor macan tutul datang menghampiri induk impala dan meninggalkan bayi impala tersebut, sehingga bayi impala diasuh oleh macan tutul yang telah menghampirinya.

Narasi:
Cuando la #Naturaleza nos #Sorprende!!! Puede ser el mejor video que veas hoy

(terjemahan)
Ketika #Alam#Mengejutkan kita!!! Ini mungkin video terbaik yang Anda lihat hari ini

Sumber: Facebook (https://archive.fo/nMFbp) Arsip
===============

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan gabungan dari 2 video yang dibuat seolah-olah macan tutul tersebut mengasuh seekor bayi impala hingga besar. Sedangkan pada menit terakhir bukanlah anak dari hewan impala melainkan anakan antelop.

Dua video yang mirip, diunggah di kanal Youtube Lates Sightings dengan judul pertama “Unbelievable: Leopard Hesitates Before Taking Out An Impala Lamb At Birth” yang memangsa anak impala, dan judul kedua “Baby Buck Headbutts Leopard Persistently To Try Escape” yang memangsa anak antelop. Pada video pertama dipotong hingga menit ke 1:15, lalu digabungkan dengan video kedua dengan durasi full.

Faktanya macan tutul itu bukanlah mengasuh bayi impala hingga besar, namun kedua video tersebut memperlihatkan seekor macan tutul yang sedang memangsa buruannya untuk dimakan dengan mangsa yang berbeda.

Dengan demikian, video yang diunggah pada akun Facebook Joaquín Aragón tentang macan tutul yang memelihara bayi impala tidak sesuai fakta, dan masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=VjuHYvieJlw
https://www.youtube.com/watch?v=CkUuYJ0acl4