[SALAH] Riska Syabila, Mahasiswi Penemu Formula Ajaib Pemutih Badan Tanpa Suntik Kimia dan Alat Kecantikan

Hasil Periksa Fakta Ani R

Informasi Palsu. Faktanya, mahasiswi yang terpampang pada headline berita tersebut bernama Jasmine Aulia. Sebagaimana yang terlihat pada gambar, saat itu ia memenangkan Thailand Investor Day 2019 atas penemuan Fischo-Box, yakni alat pendingin masa pasca-panen ikan untuk para nelayan, bukan obat kecantikan pemutih.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: False Connection

=====

SUMBER: Instagram

https://archive.vn/jAC4Q

https://www.instagram.com/p/CWSG3ozvmvh/

=====

NARASI:
@magelang_info

Sebuah Insiden Luar Biasa Mahasiswa Meraih Kesuksesan Tertinggi Atas Penemuan Formula Ajaib Pemutih seluruh badan dalam seminggu Tanpa Suntik Kimia Dan Alat kecantikan

By Tatik Ariyaini, Kamis, 4 Febuari 2021 | 16:30 WIB

Sebuah insiden Luar biasa mahasiswa berhasil merain Kesuksesan tertinggi atas ditemukannya sebuah metode baru tentang pemutih badan alami.

Menariknya, dalam temuan tersebut diketahui dapat Memutihkan seluruh badan hanya dalam sepekan, tanpa menggunakan bahan yang mengandung unsur kimia, tanpa berobat ke dokter bahkan tanpa periu Suntik perawatan, make up.

Hal mengejutkan ini terjadi di salah satu universitas di Amerika , tepatnya pada musim panas tahun 2020,

Dua profesor, empat orang pekerja ilmiah dan sekelompok pengajar dalam kurun waktu sepuluh menit berdiri dan memberikan tepuk tangan riuh untuk seorang gadis asal Indonesia.

Riska Syabila ialah mahasiswi asal indonesia yang berhasil menemukan formula unik yang mampu memnutihkan seluruh badan dalam waktu singkat, tanpa perlu Suntik,
Temuan ini merupakan hasil dari penelitian dan proses penulisan tesisnya, di mana hasil temuannya ini menuai pujian dari para peneliti terkemuka di dunia.

Dalam temuannya ini, Riska menawarkan ide jenius yang proses realisusinya akan ditangani oleh struktur ilmiah Indonesia, Para pakar herbal nlami dan sejumiah pakar di bidang lain akan ikut ambil bagian dalam pengembangan produk di mana formulanya didasarkan atas hasil riset yang dilakukan Riska Syabila

Seperti diketahui obat tersebut telah dibuat dan menunjukkan hasil yang positif.

Kamu mau putih seluruh tubuh Cobain langsung produknya di @klinik.facestore
Gaperlu nunggu lama kulit langsung putih dalam waktu 7-14hari , bisa digunakan untuk usia 12thn Keatas jangan takut gagal coba aja dulu ( Recomended dan dipakai para artis) aman untuk bumil, busui dan pria Langsung kepoin instagram @klinik.facestore @kdinik.facestore @kdinik.facestore

PROMO HARGA DISKON & GRATIS ONGKIR!

Info order silahkan WA: 089685924212 IG: @klinik facestore

=====

PENJELASAN:

Beredar narasi di Instagram oleh akun bernama @magelang_info, yang menyebarkan berita dengan klaim bahwa, seorang mahasiswi bernama Riska Syabila menemukan formula pemutih badan, tanpa bahan kimia, suntik pemutih, ataupun kosmetik. Obat tersebut diklaim dapat manjur dalam waktu seminggu.

Klaim tersebut juga menambahkan, hal itu bermula saat Riska berada di salah satu Universitas di Amerika pada musim panas tahun 2020. Dua profesor, empat orang pekerja ilmiah dan sekelompok pengajar dalam kurun waktu sepuluh menit berdiri dan memberikan tepuk tangan untuk penemuan ilmiah Riska.

Klaim dalam postingan @magelang_info juga menambahkan foto Riska memegang medali atas kemenangannya.

Meski begitu, setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim tersebut adalah HOAX. Mahasiswi yang terlihat pada gambar sesungguhnya bernama Jasmine Aulia.

Jasmine merupakan mahasiswi Sekolah Vokasi dari Universitas Diponegoro, program studi teknik elektro. Sebagaimana yang terlihat pada foto, Jasmine saat itu berhasil memenangkan Bronze Medal Thailand Investor Day Tahun 2019, untuk karyanya Fishco-Box, yakni sebuah alat pendingin masa pasca-panen ikan bagi para nelayan Indonesia. Jasmine menuturkan alat ini dibuat agar ikan yang ditangkap para nelayan dapat dipertahankan kesegarannya sebelum dijual di tengkulak.

Sedangkan pencarian nama untuk Riska Syabila di pencarian Google, tidak ditemukan klaim resmi bahwa Riska ini menemukan obat pemutih tubuh.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim postingan dari @magelang_info adalah HOAX dan termasuk kategori False Connection.

=====
REFERENSI:
https://www.brin.go.id/jasmine-aulia-mahasiswa-berprestasi-sekolah-vokasi-undip-2/

Jasmine Aulia, Mahasiswi Undip Pencipta Fishco-Box Ramah Lingkungan

=====

Penulis: Ani R
Editor: Bentang Febrylian