[SALAH] Pesan WhatsApp oleh Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro Meminta Dana Rp25 Juta

Hasil Periksa Fakta Ani R

Informasi Palsu. Kombes Wahyu Sri Bintoro mengonfirmasi bahwa pesan teks meminta uang Rp25 juta di Whatsapp bukanlah dirinya dan pesan tersebut termasuk penipuan.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten Tiruan

=====

SUMBER: Pesan teks dari Whatsapp

https://archive.vn/88m75

=====

NARASI:

Penipu : “Selamt siang”
“Pak thomas”
“Nama. Endah liswati Rek.8090423402 BCA”
“Buktinya wa ke saya”
Korban : “Ok pak, sy usahakan.”
“Siap Dengan sangat pak Thomas Karna ini imergency”
Korban : “Siap pak.”
“Sy usahakan sampai pkl 16.00 pak”
Penipu : “Baik”
“Pak thomas”
“Pak pukul 15.30”
X. Panggilan suara tak terjawab pukul 13.52
“Bisa Ngga pak thomas”
Korban : “Ya. Sy usahakan sekali pak.”

Penipu : “Siap”

=====

PENJELASAN:


Beredar pesan teks di WhatsApp mengatasnamakan Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro. Foto profil yang digunakan dalam akun WhatsApp tersebut yakni Kombes Wahyu Sri Bintoro. Akun ini meminta uang sebesar Rp25 juta dan meminta pak Thomas untuk mengirimkannya dengan segera karena darurat. Selain itu diberikan pula nomor rekening atas nama Endah Listwati.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, pesan teks mengatasnamakan Kombes Wahyu Sri Bintoro adalah akun PALSU.

Dilansir dari medcom.id, Kombes Wahyu Sri Bintoro saat dikonfirmasi mengatakan bahwa akun WhatsApp yang meminta uang Rp25 juta bukanlah dirinya, dan sudah termasuk penipuan.

“Iya benar penipuan itu mengatasnamakan saya untuk meminta bantuan uang ke korbannya,” ujar Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro, saat dikonfirmasi Medcom.id, Kamis, 11 November 2021.

Lebih lanjut, pihak kepolisian akan melakukan tindak lanjut terhadap penipuan yang meresahkan warga. Saat pelaku masih dalam tahap pelacakan dan belum diketahui identitas lebih jelasnya.

“Pelaku terlacak di Sulawesi Selatan (Sulsel), tapi dia pakai BCA Bandung. Tetap kita upaya penyelidikan koordinasi dengan teman-teman di Sulsel. Pelaku sudah terlacak ke Sulsel ya,” jelas Wahyu.

Wahyu mengimbau masyarakat Tangerang agar waspada terhadap modus penipuan mengatasnamakan Kapolres dan unsur Muspida lainnya.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa pesan teks mengatasnamakan Kombes Wahyu Sri Bintoro meminta uang Rp25 juta adalah HOAX dan termasuk kategori Konten Tiruan.

=====

REFERENSI:
https://m.medcom.id/nasional/daerah/eN43jVoK-penipu-catut-nama-kapolresta-tangerang-minta-rp25-juta

https://www.google.com/amp/s/kabar.sanggau.go.id/2021/11/13/hoaks-pesan-whatsapp-mengatasnamakan-kapolresta-tangerang-minta-bantuan-uang-sebesar-rp25-juta-12-11-2021/amp/

=====

Penulis: Ani R
Editor: Bentang Febrylian