[SALAH] Video Burung Bisa Mengeluarkan Api

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Video tersebut merupakan hasil suntingan. Burung yang ada di video tersebut merupakan Burung Lapwing Utara, yang hingga saat ini tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa burung tersebut dapat menembakkan laser dan mengeluarkan api.

= = = =

KATEGORI: manipulated content atau konten yang dimanipulasi

= = = =

SUMBER:
Tangkapan layar Whatsapp

= = = =

NARASI:

“Burung ini bisa menyemburkan api dari mulutnya, seperti yg disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW 1400 thn yang lalu. Sekarang scientists di Sydney, Australia menemui penemuan bahaya burung ini. Kemungkinan burung ini yang menyebabkan kebakaran di Australia. Semakin jelas kebenaran Islam
Fabiayyi aalaa irobbikumaa tukadzibaan”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah pesan singkat pada Whatsapp yang mengatakan bahwa terdapat burung yang bisa mengeluarkan api. Narasi dalam pesan tersebut mengatakan bahwa burung tersebut merupakan burung dari Australia dan menjadi penyebab kebakaran hutan di Australia. Narasi tersebut juga membagikan video yang berisi seseorang yang sedang melakukan wawancara dan video burung yang mengeluarkan api.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Pria yang berada dalam video tersebut adalah penulis buku dan peneliti asal Suriah yang bernama Abdeel Daem Kaheel. Kaheel dalam video tersebut tidak menyebutkan bahwa burung tersebut bisa mengeluarkan api dan menjadi penyebab kebakaran hutan di Australia, melainkan membicarakan tentang fakta bahwa fenomena kebakaran hutan yang terjadi di Australia kemungkinan disebabkan oleh burung elang yang mengambil ranting yang sudah terbakar ke wilayah lain untuk membuat mangsanya keluar. Sedangkan, burung yang terdapat dalam video tersebut adalah burung lapwing utara yang tinggal di Eropa dan tidak mengeluarkan api.

Dengan demikian, pesan singkat Whatsapp yang mengatakan bahwa terdapat burung yang bisa mengeluarkan api dan menjadi penyebab kebakaran hutan di Australia tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.google.com/amp/s/m.antaranews.com/amp/berita/2522197/hoaks-burung-berbahaya-sebabkan-kebakaran-hutan-di-australia
  2. https://m.liputan6.com/global/read/3941615/bukan-napas-api-bak-naga-hewan-ini-punya-senjata-yang-tak-kalah-berbahaya

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian