[SALAH] Video “Genangan air di Jkrt trnyata bisa hanyutkan mobil”

BUKAN di Jakarta. Video banjir yang menyeret sejumlah mobil itu terjadi di Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, pada Januari 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Patrik Galampo (fb.com/patrik.galampo.9) pada mengunggah sebuah video ke grup BUZZER NKRI SOLID dengan narasi:

“Genangan air di Jkrt trnyata bisa hanyutkan mobil. Jangan ada yg bilang ini banjir ya, soalx Jkrt tahun ini bebas banjir. Yg ada adalah genangan air.”

Sumber: https://bit.ly/3CekThd (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video banjir yang menghanyutkan sejumlah mobil yang diklaim terjadi di Jakarta merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan di Jakarta. Video banjir yang menyeret sejumlah mobil itu terjadi di Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, pada Januari 2020.

Di video yang diunggah oleh sumber klaim tersebut, terdapat narasi “Innalillahi. Banjir di Pondok Gede Permai Akibat tanggul jebol.” Hal ini sudah menunjukkan fakta bahwa klaim yang ditulis oleh sumber tidaklah benar.

Selain itu, berdasarkan hasil penelusuran gambar dari potongan video tersebut, ditemukan video yang identik salah satunya diunggah oleh kanal Youtube SripokuTV pada 2 Januari 2020 dengan judul “Ngeri! Video Banjir di Pondok Gede Permai Bekasi, Mirip Lautan, Kendaraan Hanyut, Warga Terjebak”

Video yang sama juga pernah digunakan oleh pembuat hoax dan diklaim kejadian banjir di daerah Sampang, Madura dan Semarang, Jawa Tengah yang artikel periksa faktanya sudah diterbitkan di situs turnbackhoax.id

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=F7UJptD_Q38
https://turnbackhoax.id/2020/12/13/salah-video-banjir-bandang-di-sampang-madura-pada-10-desember-2020/
https://turnbackhoax.id/2021/02/25/salah-video-banjir-25-2-2021-pukul-0550-wib-prayforsemarang/

About Adi Syafitrah 1361 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo