[SALAH] Video “detik detik kecelakaan vanessa angel | rekaman kecelakaan di toll jawa timur”

BUKAN video rekaman kecelakaan yang menimpa Vanessa Angel pada Kamis, 4 November 2021. Video mobil putih yang mengalami kecelakaan di tikungan dan menabrak tebing itu adalah rekaman CCTV pada Juli 2015, di salah satu ruas jalan di Meksiko.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Kanal Youtube WINANDA YT (https://bit.ly/3cafcpQ) pada 4 November 2021 mengunggah video yang memperlihatkan mobil putih melaju di tikungan dan menabrak tebing dengan judul “detik detik kecelakaan vanessa angel | rekaman kecelakaan di toll jawa timur”

Sumber: https://bit.ly/3kzZvN7 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan mobil putih melaju di tikungan dan menabrak tebing yang diklaim sebagai rekaman detik-detik kecelakaan yang menimpa Vanessa Angel pada Kamis, 4 November 2021 merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan video rekaman kecelakaan yang menimpa Vanessa Angel. Video mobil putih yang mengalami kecelakaan di tikungan dan menabrak tebing itu adalah rekaman CCTV pada Juli 2015, di salah satu ruas jalan di Meksiko.

Dilansir dari JawaPos, penelusuran menggunakan situs padanan gambar Yandex mengarahkan Jawa Pos ke kanal YouTube pada Februari 2016. Video itu diunggah kanal Joel Martinez. Judulnya berbunyi ”Choques en vivo autopistas de México CAPUFE SCT”.

Unggahan tersebut merupakan gabungan dari beberapa video. Video yang diunggah pada akun WINANDA TV itu mirip dengan video pada menit ke 2:07. Keterangan pada video menyebutkan dengan jelas bahwa insiden mobil putih oleng di tikungan itu terjadi pada 19 Juli 2015 pukul 12.25 waktu setempat.

Selain itu, dilansir dari Liputan6, Kabid Humas Kombes Pol Gatot Repli Handoko menerangkan, kecelakaan bemula saat mobil Pajero dengan nomor polisi (nopol) B 1264 BJU melaju dari arah Jakarta melalui Toll Road Jombang-Mojokerto. Kendaraan secara tiba-tiba menghantam beton pembatas sebelah kiri.

“Kendaraan Pajero akhirnya terpelanting dan berputar berhenti di lajur cepat,” kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (4/11/2021).

Dari keterangan tersebut, mobil yang Vanessa Angel tidak keluar jalur tol seperti yang terlihat di video yang diunggah sumber klaim.

REFERENSI
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/09/11/2021/mobil-terguling-di-meksiko-2015-diklaim-kecelakaan-vanessa-angel/
https://www.youtube.com/watch?v=3ic-PdTH7TA
https://www.liputan6.com/news/read/4702373/kronologi-kecelakaan-yang-menewaskan-vanessa-angel-dan-suaminya

About Adi Syafitrah 1335 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo