[SALAH] Video Banjir Bandang di Sampang, Madura pada 10 Desember 2020

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Faktanya, video tersebut terjadi pada bulan Januari 2020 lalu di Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Bekasi.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/YK9Af

= = = = =

NARASI:

“Banjir bandang di sampang madura hari ini 10 desember 2020.. 😷😷😷”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah postingan dari akun Facebook Hoss Markito berupa video banjir bandang yang menyeret beberapa mobil dengan keterangan bahwa banjir bandang tersebut terjadi di Sampang, Madura pada 10 Desember 2020. Video ini berdurasi 26 detik dan telah ditonton sebanyak 146 kali.

Setelah ditelusuri, ternyata video tersebut diambil di Perumahan Pondok Gede, Jatiasih, Bekasi pada 2 Januari 2020 dan beredar beberapa video amatir yang serupa di Youtube dengan keterangan bahwa banjir tersebut terjadi di Bekasi. Sampang dilanda banjir akibat luapan air Sungai Kemuning pada 9 Desember 2020 yang mengakibatkan jalur Surabaya-Madura terputus hingga hari Kamis lalu, polisi kemudian mengalihkan kendaraan dari arah Sumenep-Pamekasan ke jalur utara. Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz menjelaskan bahwa kondisi saat ini banjir di Sampang, Madura sudah surut dan pihaknya telah turun untuk melakukan pengecekan kondisi banjir dan memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak.

Melihat dari penjelasan tersebut, Video banjir bandang di Sampang, Madura pada 10 Desember 2020 adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=jgabK6S0WuY

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1330421-banjir-di-sampang-dan-bangkalan-pengendara-dialihkan-ke-jalur-utara

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5291139/hoaks-video-banjir-hanyutkan-mobil-di-sampang-madura-ini-faktanya

https://surabaya.liputan6.com/read/4431158/beredar-video-mobil-terseret-banjir-di-sampang-ini-kata-polisi

https://palembang.tribunnews.com/2020/01/02/ngeri-video-banjir-di-pondok-gede-permai-bekasi-mirip-lautan-kendaraan-hanyut-warga-terjebak

https://foto.tempo.co/read/77278/banjir-bekasi-mobil-warga-bertumpukan-terseret-arus

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/dN6A05vK-benarkah-video-banjir-seret-banyak-mobil-ini-di-sampang-madura-ini-faktanya