[SALAH] Video “makam Rasulullah”

Bukan makam Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW. Video itu sebenarnya memperlihatkan makam seorang ulama sufi, Syekh Abdul Qadir Al-Kilani, di Baghdad, Irak.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konten yang Salah
===========================================

Akun Tiktok TuanGuruHaris (tiktok.com/@tuanguruharis) pada 21 Oktober 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan beberapa pria berdoa di depan makam dengan narasi sebagai berikut;

“makam Rasulullah #viral #fyip #fyi #trending #HIT”

Sumber: perma.cc/P7AU-8LRV (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan beberapa pria berdoa di depan makam yang diklaim sebagai makam Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW merupakan klaim yang salah.

Faktanya bukan makam Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW. Video itu sebenarnya memperlihatkan makam seorang ulama sufi, Syekh Abdul Qadir Al-Kilani, di Baghdad, Irak.

Dilansir dari AFP, video yang identik dengan kualitas lebih baik dan durasi lebih panjang diunggah di kanal Youtube علي الدليمي pada 18 Agustus 2021 dengan judul “شاهد فتح ضريح سلطان الأولياء والعارفين سيدنا الباز الاشهب حضرة الشيخ عبد القادر الكيلاني” atau yang jika diterjemahkan dengan Google Terjemahan berarti: “Saksikan peresmian makam Sultan Wali dan Maha Mengetahui, tuan kita Al-Baz Al-Ashhab, Yang Mulia Sheikh Abdul Qadir Al-Kilani “

Abdul Qadir Al-Jilani adalah syekh sufi yang meninggal pada tahun 1166 dan dimakamkan di Baghdad, ibu kota Irak seperti yang lansir dari Britannica.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9QJ92Y-1
https://www.youtube.com/watch?v=1pHAbLS60zU
https://www.britannica.com/biography/Abd-al-Qadir-al-Jilani

About Adi Syafitrah 1333 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo