[SALAH] Gambar Anies Membaca buku “101 cara ngeles”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut merupakan hasil suntingan. Faktanya, cover buku yang sedang dibaca Anies bertuliskan “HOW DEMOCRACIES DIE” bukan “101 cara ngeles”.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://web.facebook.com/photo/?fbid=134898442226642&set=g.257679981504674
(arsip)
https://archive.ph/CE7QY


= = = = =

NARASI:
“Kata Anies :”Banyak2 lah membaca meskipun tidak mengerti‚Ķ””

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook bernama Sultan Salju memposting sebuah gambar Anies yang sedang duduk membaca buku. Dalam gambar tersebut nampak cover buku warna hitam yang bertulisakan “101 cara ngeles”. Postingan tersebut diunggah pada 24 Oktober 2021 pukul 08.03.

Setelah ditelusuri pada akun resmi Instagram Anies Baswedan ditemukan foto asli pada salah satu postingan yang diunggah pada 21 November 2020. Dalam gambar postingan tersebut terlihat Anies yang tengah duduk membaca buku. Gambar tersebut sama dengan gambar postingan Facebook namun pada gambar asli cover buku yang sedang dibaca Anies bertuliskan “HOW DEMOCRACIES DIE”.

Hoaks serupa berupa suntingan pada bagian cover buku yang sedang Anies baca juga pernah terjadi di bulan Januari 2020. Melansir dari turnbackhoax.id cover buku yang asli bertuliskan “BUKU ANTI BAPER” disunting menjadi “PEDOMAN MENATA KAYA”.

Dengan demikian gambar postingan Facebook Sultan Salju tidak benar. Gambar tersebut telah disunting pada bagian cover buku yang sedang dibaca oleh Anies sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CH4LUTggn14/
https://turnbackhoax.id/2020/01/03/salah-foto-anies-baswedan-membaca-buku-pedoman-menata-kata/

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian