[SALAH] Video Studio NASA di Luar Angkasa Ditabrak oleh Benda Asing

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, setelah ditelusuri video tersebut merupakan video animasi 3D yang dibuat oleh Alexey Patrev yang diunggah ke Instagram resminya @aleksey_n. Patrev membuat video tersebut karena terinspirasi setelah menonton film “Gravity”.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook
https://perma.cc/Z6AA-9WLJ

= = =
Narasi:
“발명된 공간에 있는 NASA 스튜디오의 또 다른 영상. 인간 지능 조롱.”
Terjemahan:
“Video lain dari studio NASA di Invented Space. ejekan kecerdasan manusia”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video pada unggahan di Facebook yang menunjukkan tabrakan sebuah benda asing di luar angkasa. Benda asing tersebut diklaim menabrak studio milik NASA, dalam video tersebut juga menunjukkan terdapat dua astronaut yang sedang bekerja melakukan perbaikan dan salah satu di antaranya merekam kejadian tersebut.

Setelah ditelusuri melalui Google Image Reverse, klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut merupakan hasil karya animasi 3D oleh Alexey Patrev. Dilansir dari AFP, Alexey Patrev, menjelaskan bahwa video yang ia buat terinspirasi dari film science fiction yang berjudul “Gravity”, film tersebut mengisahkan astronaut NASA yang sedang melakukan misi ke luar angkasa.

Pada akun Instagramnya Alexey Patrev aktif mengunggah video-video animasi 3D buatannya. Pada bio Instagramnya tercantum bahwa ia merupakan seorang CG Artist.

Dengan demikian, klaim video tabrakan studio NASA di luar angkasa dengan benda asing merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9QJ8X2-1
https://www.instagram.com/p/CR0oIISnchZ/

= = =
Editor: Bentang Febrylian