[SALAH] Foto Pemandangan Terasering dan Pantai di Vietnam

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto tersebut hanyalah hasil suntingan karya seorang digital artist bernama Robert Jahns. Tidak ada penampakan pantai dalam foto asli terasering yang terletak di Vietnam.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====


Sumber: Twitter
https://archive.ph/1uXTe

====

Narasi:

“A beautiful gateway to Vietnam”

“Sebuah gerbang indah menuju Vietnam”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Away On The Journey (@awayondjourney) mengunggah foto pemandangan terasering dan pantai disertai dengan narasi yang mengambarkan bahwa pemandangan tersebut berada di Vietnam. Unggahan tersebut mendapat atensi berupa 517 retweet, 27 balasan, dan 3.359 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut telah melalui proses penyuntingan dan merupakan karya dari seorang digital artist bernama Robert Jahns. Foto itu pernah diunggahnya melalui akun Instagram pribadinya @nois7 pada 31 Mei 2019. Adapun foto penampakan terasering asli di Vietnam dapat dilihat melalui situs Adobe Stock dengan judul foto “Rice fields on terraced in Northwest of Vietnam”. Tidak ada penampakan pantai dalam foto asli itu.

Dari fakta di atas, unggahan akun Twitter Away On The Journey (@awayondjourney) dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

====


Referensi:

https://www.instagram.com/p/ByIiUpbnj3_/

https://stock.adobe.com/contributor/204494820/cristaltran?load_type=author&prev_url=detail&asset_id=122481821

Editor: Bentang Febrylian