[SALAH] Foto Beruang Wojtek yang Berjuang untuk Polandia

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto tersebut merupakan hasil suntingan dari foto pasukan terjun payung Jerman yang berperang dalam pertempuran Monte Cassino tahun 1944.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====


Sumber: Twitter
https://archive.vn/O0zo9

====

Narasi:

“Meet private wojtek (left), the og unit that fought for Poland, only would eat lit cigarettes, drink beer, snuggle with cold polish soldiers, and carry artillery boxes weighing over 100 lbs”

“Bertemu dengan Wotjek (kiri), unit og yang berjuang untuk Polandia, hanya akan makan rokok yang menyala, minum bir, meringkuk dengan tentara Polandia dingin, dan membawa kotak artileri yang beratnya lebih dari 100 lbs”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Weird Facts (@blowingfact) mengunggah foto seekor beruang bernama Wotjek dengan dua orang tentara dalam sebuah lubang tanah besar. Unggahan tersebut mendapatkan atensi berupa 11 retweet, 80 suka, dan 8 balasan.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto unggahan tersebut telah melalui proses penyuntingan. Foto asli dari unggahan itu adalah foto tiga pasukan terjun payung Jerman yang berperang dalam pertempuran Monte Cassino di Italia tahun 1944. Foto yang diambil oleh fotografer bernama Haas itu ditemukan pada situs Wikipedia dan World War II Database.

Sebagai tambahan, mengutip dari Times, Wojtek yang disebutkan dalam cuitan Twitter itu adalah beruang yang diadopsi oleh Divisi Altileri Perusahaan Transportasi ke-22 di Koprs ke-2 Polandia dengan tujuan sebagai pendorong moral pasukan selama Perang Dunia II. Wojtek ditemukan pada tanggal 8 April 1942 di pegunungan Iran oleh sekelompok tahanan perang Polandia yang diangkut dari gulag Siberia melalui Timur Tengah ke Mesir yang kemudian dikirim ke Eropa. Selama pertempuran Monte Cassino, Wojtek berada di garda terdepan membawa apa yang ia anggap sebagai peluru tajam untuk membantu memuat senjata.

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Weird Facts (@blowingfact) dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

====

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Battle_of_Monte_Cassino#/media/File:Bundesarchiv_Bild_101I-577-1917 08,_Monte_Cassino,_Fallschirmj%C3%A4ger_mit_Granatwerfer.jpg

https://ww2db.com/image.php?image_id=17269

https://time.com/4731787/wojtek-the-bear-history/

Editor: Bentang Febrylian