[SALAH] Foto Kaca Belakang Mobil Bertuliskan “F*CK YOU GRETA!”

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto tersebut merupakan hasil suntingan dari foto mobil BMW terendam banjir yang melanda distrik Wuppertal, Beyenburg, Jerman bulan Juli 2021.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

====

Sumber: Twitter
https://archive.is/fCYu5

====

Narasi:

“When Karma kicks in

ClimateActionNow

#ONEV1 #FreshVoicesRise #DemCastFL”

Narasi dalam foto:

“FUCK YOU GRETA!”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Maura (@maura_resister) mengunggah foto mobil yang terendam banjir bertuliskan “F*CK YOU GRETA!” pada kaca belakang mobil tersebut. Unggahan itu telah mendapat atensi berupa 105 retweet, 243 suka, dan 18 balasan.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto unggahan itu telah melalui proses penyuntingan. Foto asli dari unggahan tersebut ditemukan pada berita berjudul “Who pays for the damage to the car?” yang terbit tanggal 16 Juli 2021 di situs berita Jerman bernama Bild. Foto yang diambil oleh David Young itu diberi narasi sebagai berikut.

“With this BMW in the Wuppertal district of Beyenberg, the water is almost up to the edge of the window”

Sebagai tambahan, banjir bandang yang baru-baru ini terjadi di Jerman dan beberapa negara di Eropa Barat dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Mengutip dari Kompas, terdapat indikasi adanya hubungan antara cuaca ekstrem dengan pemanasan global yang mendorong terjadinya banjir, meskipun belum dapat dipastikan banjir ini terjadi akibat perubahan iklim.

“Ada hubungan yang jelas antara curah hujan ekstrem yang terjadi dan perubahan iklim,” kata Wim Thiery, seorang profesor di Universitas Brussels, Jumat (16/7/2021).

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Twitter Maura (@maura_resister) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

====

Referensi:

www-bild-de.translate.goog/auto/service/service/hochwasser-schaeden-am-auto-welche-versicherung-zahlt-65678570.bild.html?_x_tr_sl=de&_x_tr_tl=en&_x_tr_hl=en-US&_x_tr_pto=ajax,se,elem,sc

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/19/210000965/banjir-bandang-di-jerman-apa-saja-yang-menjadi-penyebabnya-?page=all.

Editor: Bentang Febrylian