[SALAH] Akun WhatsApp Wakil Bupati Pringsewu Meminta Sejumlah Dana

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Wakil Bupati Pringsewu, Fauzi, melalui Humas Pemkab Pringsewu telah menegaskan bahwa akun dan nomor WhatsApp tersebut adalah bukan miliknya.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“Assalamualaikum.wr.wb

maaf apa betul saat ini saya sdg terhubung dgn pengurus Masjid Baiturrohman

perkenalkan saya bpk Fauzi selaku wabup kab pringsewu”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun WhatsApp Wakil Bupati Pringsewu, Fauzi. Akun yang menggunakan foto profil serta nama Fauzi tersebut melakukan komunikasi ke sejumlah pengurus rumah ibadah guna meminta sejumlah dana terkait pembagian donasi dari Pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Melansir dari Tribun Lampung, Fauzi melalui Humas Pemkab Pringsewu telah menegaskan bahwa akun dan nomor WhatsApp tersebut adalah bukan miliknya. Ia mengimbau warga untuk selalu waspada dan tidak melayani pesan WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Pringsewu. Lebih lanjut, Fauzi juga menyarankan kepada masyarakat yang merasa pernah ditipu untuk segera melapor ke pihak kepolisian.

Dengan demikian, akun WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Pringsewu tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://lampung.tribunnews.com/2021/05/24/hati-hati-modus-penipuan-catut-nama-wakil-bupati-pringsewu-sasar-pengurus-rumah-ibadah

https://headlinelampung.com/2021/05/24/modus-penipuan-melalui-whatsapp-palsu-catut-nama-wabup-pringsewu/

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian