[SALAH] “Seorang polisi Israel mencekik seorang anak Palestina sampai mati”

Pelintiran daur ulang, sudah diklarifikasi sebelumnya pada tahun 2017. TIDAK berkaitan dengan Palestina atau Israel, peristiwa pada tahun 2015 di Kota Malmö, Swedia, yang berjarak sekitar 3,150.24 kilometer (jarak udara) dari Palestina. Anak yang berada di video membaca Syahadat karena ketakutan ketika diamankan setelah kedapatan menaiki kereta tanpa tiket. Pelaku, petugas keamanan, diinvestigasi karena tindakan kekerasan yang berlebihan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: Pesan berantai WhatsApp.

NARASI: “Seorang polisi Israel mencekik seorang anak Palestina sampai mati pada hari Sabtu selama protes pemindahan kedutaan AS ke Yerusalem. Bocah lugu itu bahkan membaca Kalima e shahadat sebelum meninggal. Meskipun banyak upaya oleh grup untuk mengunggah video ini ke Youtube, itu telah secara konsisten dihapus dan dihapus dari google, Facebook dan youtube. tolong jadikan video ini viral sehingga menjangkau semua media.”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video peristiwa tahun 2015 memanfaatkan momen berkaitan dengan situasi konflik Palestina-Israel saat ini (2021), sehingga menimbulkan premis/kesimpulan yang SALAH.

Verifikasi Video

Salah satu sumber video yang identik, “SYDSVENSKAN” pada 9 Februari 2015: “Baca tentang kekerasan penjaga di Malmö C: http: //www.sydsvenskan.se/malmo/vaktv … Menurut seorang saksi, penjaga itu membenturkan kepala anak itu ke lantai batu dengan keras”. [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

THE LOCAL se pada 9 Februari 2015: “(foto)

Stasiun kereta Malmö tempat dugaan serangan itu terjadi. Foto: Werner Nystran / Image Bank Swedia

DIPERBARUI: Dua penjaga keamanan di stasiun kereta api utama Malmö yang difilmkan rupanya membenturkan kepala anak laki-laki berusia sembilan tahun ke lantai batu sedang diselidiki oleh polisi.

Dalam video yang diterbitkan oleh surat kabar lokal Sydsvenskan, seorang penjaga terlihat mendorong bocah itu ke tanah, duduk di atasnya dan menutup mulutnya dengan tangan. Anak laki-laki itu terdengar mengucapkan doa Syahadat (‘Hanya ada satu Tuhan, dan Muhammad adalah Nabi-nya’).

Penjaga itu, yang dipekerjakan oleh perusahaan keamanan Svensk Bevakningstjänst, telah menahan bocah itu dan temannya yang berusia 12 tahun setelah mereka terlempar dari kereta karena bepergian tanpa tiket.

Pada hari Selasa, polisi mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki dua penjaga tersebut setelah dua belas pengaduan tentang penjaga.” [3]

distance.to: “Distance Malmö, SWE → Palestine, PSE

Distance: 1,957.47 mi (3,150.24 km)
Driving route: 2,767.97 mi (4,454.61 km)” [4]

Google Maps: Malmö, Sweden. [5]

turnbackhoax.id pada 22 Desember 2017: “Hoax ini sebelumnya sudah beredar dan debunked di Malaysia: “Video yang diklaim Kamal Jambu adalah seorang polisi Israel yang mencekik seorang anak laki-laki Palestina sampai kematiannya tidak terjadi di Israel … Sebenarnya, kejadian itu bahkan tidak terjadi di Timur Tengah. Klip video tersebut awalnya diterbitkan oleh koran Swedia Sydsvenskan pada bulan Februari 2015 . Ini benar-benar menunjukkan penjaga keamanan Swedia di stasiun kereta Malmö yang duduk di atas seorang anak laki-laki Maroko dan memegangi tangannya di atas mulutnya. Anak laki-laki berusia 9 tahun itu bisa terdengar membacakan Shahada karena ketakutan. Penjaga tersebut menahan anak laki-laki dan temannya yang berusia 12 tahun setelah mereka tertangkap bepergian tanpa tiket.” (Google Translate).” [6]

Google (News), kata kunci: “konflik palestina israel”. [7]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] youtube.com: “Penjaga memukulkan kepala anak sembilan tahun itu ke tanah” (Google Translate Chrome extension), https://bit.ly/3eRZJNh (dengan bahasa asli) / https://archive.md/GvY0l (arsip cadangan).

[3] thelocal.se: “Penjaga menyelidiki setelah ‘serangan’ anak di Malmö” (Google Translate Chrome extension), https://bit.ly/33PLNgA (dengan bahasa asli) / https://archive.md/iXYCn (arsip cadangan).

[4] distance.to: “Distance from Malmö, SWE to Palestine, PSE”, https://bit.ly/3eSDd76 / https://archive.md/zpJWZ (arsip cadangan).

[5] google.com/maps: “Malmö Municipality Sweden”, https://bit.ly/3eQBm2l / https://archive.md/VFamz (arsip cadangan).

[6] turnbackhoax.id: “[HOAX] “Seorang polisi Israel mencekik seorang anak Palestina sampai mati pada hari sabtu selama demonstrasi Kedutaan Amerika pindah ke Yerusalem””, https://bit.ly/3wfWdCn / https://archive.md/WUdoL (arsip cadangan).

[7] google.com, https://bit.ly/3waaZdx / https://archive.md/eiCvf (arsip cadangan).