[SALAH] Foto Mengharukan Dua Bersaudara dari Gaza Bertemu Setelah Mengira Salah Seorang dari Mereka Meninggal

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga)

Keduanya bukan dari Gaza. Foto yang memperlihatkan dua bersaudara laki-laki saling berpelukan dan menangis dengan badannya yang dipenuhi debu, adalah korban dari perang saudara di Aleppo, Syiria pada tahun 2016.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

====

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/oblPt

====

NARASI:
Two brothers from Gaza, one of them thought that the other had died during the bombing, but it was a surprise

#Gaza_under_attack #StandForPalestine #freepalastine #IsraelTerrorist #Gaza_under_attack_now #IsraeliTerrorism #SheikJarrah

====

PENJELASAN:
Beredar postingan di Twitter oleh akun bernama @AbdallhHashem2, berupa foto mengharukan dua anak laki-laki yang seluruh badannya dipenuhi debu, keduanya tampak menangis dan berpelukan. Dalam postingannya tersebut juga disertai narasi sebagai keterangan, yang menyatakan bahwa keduanya berasal dari Gaza dan anak-anak tersebut adalah korban perang yang sedang terjadi baru-baru ini antara Israel-Palestina. Mereka bertemu setelah mengira salah satu di antaranya meninggal. Foto mengharukan tersebut disukai sebanyak 1,6 ribu dan dibagikan sebanyak hampir 4 ribu kali.

Setelah dilakukan pencarian fakta terkait, kedua bocah laki-laki tersebut tidak berasal dari Gaza, pun bukan korban perang Israel-Palestina yang terjadi baru-baru ini. Melansir dari globalnews.ca, kedua anak pada gambar adalah korban perang saudara yang terjadi di kota Aleppo, Syiria pada tahun 2016. Foto yang diperlihatkan merupakan potongan scene dari sebuah video yang dirilis oleh Aleppo Media Center.

Dua anak laki-laki yang diperlihatkan pada postingan @AbdallhHashem2 adalah sedikit dari banyaknya korban anak-anak pada serangan bom di Aleppo. Diketahui setidaknya 15 orang tewas termasuk wanita dan anak-anak setelah dua bom barrel dijatuhkan di sebuah kawasan di Aleppo. Dikutip dari CNN, salah seorang anak tersebut berkata “saudara laki-lakiku telah hilang”, dengan menangis sesenggukan sambil memeluk saudaranya.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @AbdallhHashem2 adalah Hoaks dan termasuk kategori Konten yang Salah/False Context.

====

REFERENSI:
https://globalnews.ca/news/2906977/video-shows-syrian-boys-crying-hugging-after-brother-is-killed-in-airstrike/


https://edition.cnn.com/2016/08/26/middleeast/aleppo-attack-children-killed/

====
Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian