[SALAH] Video “Rekaman sebelum pesawat sriwijaya air jatuh”

BUKAN rekaman Sriwijaya Air, versi suntingan dari video yang sudah diunggah sebelumnya pada tahun 2008.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Dimanipulasi.

======

SUMBER

Facebook, https://archive.md/yfOlK (arsip cadangan).

======

NARASI

“Rekaman sebelum pesawat sriwijaya air jatuh ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ ya allah sedih nya ..”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: โ€œKonten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipuโ€.

* SUMBER membagikan video hasil SUNTINGAN.

(2) Salah satu video unggahan yang sebelumnya,

* Laode Agusalim @ 4 Agustus 2008: “Pembicaraan terakhir Pilot & co-Pilot”.

(3) Beberapa artikel yang berkaitan,

* detikNews: “KNKT, lanjut dia, akan mencari siapa yang meng-upload rekaman itu pertama kali. Pihaknya pun bekerjasama dengan Mabes Polri untuk memburu si pelaku.

Frans mengaku tidak habis pikir dengan motif si pelaku yang dinilainya tidak punya etika dan moral itu. “Untungnya menyiarkan itu apa sih. Selain menyakiti keluarga, ini kan juga merugikan penerbangan di Indonesia,” tandasnya.”

* KOMPAS.com: “”Tapi ada kata-kata yang kurang dalam percakapan dua pilot. Setelah salah satu pilot mengatakan “jangan dibelokin, jangan dibelokin,” tiba-tiba ada suara seperti benda pecah, lalu seorang lagi berteriak “Allahu Akbar”. Lalu semuanya terdiam,” kata Agus Pambagyo dalam percakapannya dengan Persda Network di Jakarta, Rabu (26/3)”

* KOMPAS.com: “Pilot pun tidak sempat menaikkan pesawat karena posisi pesawat sudah miring. Akibatnya, pesawat menghujam ke laut dengan kecepatan 1.000 kilometer per jam. Yang memilukan, terdengar suara kata-kata terakhir pilot Revri Agustian Widodo kepada kopilotnya Yoga. “Jangan dibelokin, jangan dibelokin,” setelah itu tak diketahui nasib pesawat AdamAir dan seluruh penumpangnya.”

* KOMPAS.com: “”Karena miringnya hanya satu derajat per detik, jadi tak terasa. Autopilot disconnect dan alarm berbunyi ‘Not..not..not’. Mereka sempat mematikan alarm tersebut karena terlalu fokus pada IRS. Ini biasa. Jadi tidak bisa dikatakan human error, hanya kinerjanya yang error. Kinerja sebagai manusia darat yang harus terbang. Kalau di darat, prosedur mereka sudah benar. Tapi berbeda halnya jika dia berada di udara,” terang Mardjono.”

* tirto.id: “Akhirnya karena kedua pilot tidak mampu mengendalikan secara tepat dan sesama setelah bunyi bank angle, terjadilah kecelakaan tersebut yang mengangkut 102 penumpang itu.”

======

REFERENSI

(1) firstdraftnews.org: โ€œBerita palsu. Ini rumit.โ€ http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

(2) youtube.com: “Kotak Hitam ADAM AIR”, https://archive.md/PtbSk (arsip cadangan).

(3) detik.com: “Rekaman AdamAir Dipastikan Bukan dari Komputer KNKT yang Hilang” https://bit.ly/3sonEZs / https://archive.md/TbZq3 (arsip cadangan).

(4) KOMPAS.com: “Kata-kata Terakhir Pilot AdamAir (2)” http://bit.ly/3bHhq12 / https://archive.md/E1V9k (arsip cadangan).

(5) KOMPAS.com: “Kata-kata Terakhir Pilot AdamAir” http://bit.ly/39ttMHe / https://archive.md/qRSRB (arsip cadangan).

(6) KOMPAS.com: “Misteri Jatuhnya AdamAir di Majene Terjawab” http://bit.ly/2XDBWXY / https://archive.md/8xbw6 (arsip cadangan).

(7) tirto.id: “Mengenang Kecelakaan Pesawat Jatuh Adam Air 574 Awal Tahun 2007” http://bit.ly/3bGSUNp / https://archive.md/tG8Pk (arsip cadangan).