[SALAH] Pesan Whatsapp Undangan Rakernas Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan oleh Dinkes DKI

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Faktanya, Dinas Kesehatan tidak mengadakan raker seperti pesan Whatsapp yang beredar.
= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

= = = = =

= = = = =

[NARASI]:
Selamat Pagi, Saya ,dr.Widyastuti,MKM,(Kadis Kesehatan Prov.DKI Jakarta), Menyampaikan Perihal Adanya Undangan Rakernas Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan Dari Ditjen Yankes Kemenkes
Untuk ,dr.Vanny Budiningtyas, NO Peserta 09998879 Yg Akan Dilaksanakan Pada Tgl 19-20 Januari 2021 Di Hotel Aryaduta Makassar, Untuk Peserta Di Tanggung Biaya Transportasi Dan Akomodasinya Oleh Panitia Penyelenggara Ditjen Yankes Kemenkes Rp.8Jt, Untuk Penjelasan Lebih Lanjut Mengenai Rakernas Ini Serta Penerimaan Dana Transportasinya Harap Agar Menghubungi Ketua Panitia Penyelenggara, dr.Suprapto,MH.Kes.,Ph.D, Di 081222881124, Mohon Agar Di Hubungi Skrng Jg Sudah Di Tunggu, Maaf Saya Sms Karena Saat Ini Saya Sedang Di Luar Kota, Jadi Untuk Undangannya Bisa Di Ambil Hari Kamis Di Dinkes Provinsi.,Tks.

= = = = =

[PENJELASAN]:

Beredar melalui aplikasi perpesanan Whatsapp sebuah pesan yang mengatasnamakan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Widyastuti, MKM. Pesan berantai tersebut berisi undangan rakernas Dinas Kesehatan yang akan diadakan pada 19-20 Januari 2021 di Hotel Aryaduta Makassar, untuk transportasi dan akomodasi biaya ditanggung oleh panitia sebesar Rp8.000.000.

Dilansir dari Jalahoaks, setelah dikonfirmasi pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta menepis kabar tersebut. Dijelaskan bahwa pihak Dinas Kesehatan tidak mengadakan kegiatan seperti yang dituliskan pada pesan tersebut. Pesan tersebut dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sehingga klaim mengenai undangan raker Dinas Kesehatan yang beredar melalui Whatsapp dapat dikatakan hoaks dengan kategori konten palsu.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.instagram.com/p/CJ71lyIJ8HM/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4456349/cek-fakta-hoaks-undangan-rakernas-catut-nama-dinkes-dki-jakarta

Penulis: Aisyah Adilah
Editor: Bentang Febrilyan