[SALAH] Akun Instagram MNC Sekuritas

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Akun tersebut palsu. Pihak MNC Sekuritas melalui Instagram resminya mengatakan akun Instagram MNC Sekuritas hanya satu dengan nama pengguna (@mncsekuritas). Masyarakat diimbau agar berhati-hati jika menemukan akun lain mengatakan MNC Sekuritas karena berpotensi melakukan penipuan.

= = = = =

KATEGORI: KONTEN TIRUAN/IMPOSTER CONTENT

= = = = =

SUMBER: INSTAGRAM

https://www.instagram.com/mnc_sekuriitas/

= = = = =

NARASI:

“Akun Palsu MNC Sekuritas”.

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun palsu di Instagram dengan nama pengguna (@mnc_sekuriitas). Akun tersebut menawarkan jasa keuangan dengan menyisipkan tautan chat Whatsapp sebagai media pelayanannya.

Menanggapi hal tersebut, pihak MNC Sekuritas melalui akun Instagram resminya (@mncsekuritas) mengatakan bahwa akun tersebut palsu. Menurutnya akun resmi Instagram MNC Sekuritas hanya satu yakni dengan nama pengguna (@mncsekuritas), selain nama pengguna tersebut dapat dipastikan itu adalah akun palsu.

“Akun resmi Instagram MNC Sekuritas hanya @mncsekuritas”, tulisnya pada 14 Januari 2021.

Selain itu MNC Sekuritas juga tidak pernah meminta nasabah untuk melakukan transfer dana kecuali ke nomor Rekening Dana Nasabah (RDN). Masyarakat diminta waspada dan tidak memberikan informasi pribadi seperti nomor pin atau password dari rekening, karena kemungkinan besar itu adalah modus penipuan.

Dalam postingannya, MNC Sekuritas juga melampirkan tangkapan layar akun palsu lainnya yang mengatasnamakan MNC Sekuritas. Lebih lanjut masyarakat diminta untuk melaporkan akun tersebut jika dirasa mencurigakan. Apabila masyarakat ingin mengetahui kebenaran informasi dapat menghubungi akun media sosial resmi MNC Sekuritas yang terlampir pada postingan atau melalui callcenter.mncs@mncgroup.com dan telepon di 1500 899. Dari penelusuran di atas, akun Instagram (@mnc_sekuriitas) masuk pada kategori Konten Tiruan.

= = = = =

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CKBXIUdB7gX/
https://twitter.com/MNCSekuritas/status/1349652758387851264
https://www.inews.id/finance/keuangan/nama-besar-mnc-sekuritas-investor-cerdas-wajib-tahu-5-hal-ini

Penulis: Rizqi Abdul Azis
Editor: Bentang Febrylian