[SALAH] Pesan Grup WhatsApp “To Firdaus We Ascend” atau “Ke Surga Kita Pergi”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, informasi serupa telah beredar di media sosial Facebook sejak tahun 2017 yang lalu. Pihak WhatsApp sendiri telah menegaskan bahwa tidak ada fitur yang dapat menghalangi pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“Ijin Menginfokan. Sudah ada grup WA dg nama (“To Firdaus we ascend/ke surga kita pergi”), jika di-Invite/diundang jangan ikut bergabung, WA ini milik ISIS/Daesh.
Jika bergabung maka anda tidak bisa keluar dari grup. Agar berhati-hati, sebarkan kpd keluarga & sahabat anda.”

= = = = =

PENJELASAN:

Telah beredar pesan di grup WhatsApp yang menyatakan bahwa terdapat sebuah grup WhatsApp dengan nama “To Firdaus We Ascend” atau “Ke Surga Kita Pergi”. Dalam pesan tersebut juga disebutkan bahwa jika pengguna telah bergabung dalam grup tersebut, maka pengguna tidak akan bisa keluar dari grup.

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan serupa telah beredar sejak tahun 2017 yang lalu di media sosial Facebook. Pihak WhatsApp sendiri telah menegaskan bahwa tidak ada fitur yang dapat menghalangi pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp. Pengguna dapat keluar dari grup maupun menghapus grup kapan saja dan admin grup tersebut tidak akan dapat menghalangi.

Dengan demikian, pesan yang beredar di WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/dN6A4gpK-beredar-info-jika-gabung-grup-whatsapp-milik-isis-ini-tidak-bisa-keluar-lagi-cek-faktanya
https://faq.whatsapp.com/android/chats/how-to-exit-and-delete-groups/?lang=id
https://tribratanewsaceh.com/hoax-pesan-group-whatsapp-firdaus-we-ascend/