[SALAH] Foto Joe Biden, Xi Jinping dan Kamala Harris di Cover Majalah Time

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Gambar tersebut hoax. Faktanya, cover majalah Time hanya menampilkan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai ‘Person of The Year’ tahun 2020.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

====

SUMBER: Facebook

http://archive.vn/gud2Y

https://www.facebook.com/geo.peterson.378/posts/436481264024001

====

NARASI:

“Time’s Person of the Year, China’s very own Joe Biden, Xi Jinping and Kamala Harris”

(Tulisan dalam gambar)

Person of The Year

TIME

XI JINPING,

JOE BIDEN

And

KAMALA HARRIS

CHANGING AMERICA’S STORY

====

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama George A Peterson membagikan postingan berupa gambar cover majalah Time. Dalam cover majalah tersebut memperlihatkan Joe Biden, Kalama Harris dan Xi Jinping, ketiganya memperoleh gelar ‘Person of The Year’ oleh majalah Time. Postingan yang mendapat 56 likes dan dibagikan 45 kali adalah hasil gambar editan dari cover aslinya.

Dilansir dari website resmi majalah Time, diketahui bahwa cover ‘Person of The Year’ versi majalah Time hanya memperlihatkan foto Joe Biden dan Kamala Harris, dan tidak ada Xi Jinping diantara mereka berdua.

Dilansir dari website time.com, sejak tahun 1927 majalah Time mengadakan ‘Person of The Year’ setiap tahun untuk individual atau kelompok orang yang berpengaruh melakukan perubahan di tahun tersebut. Terdapat 4 kandidat yang diseleksi tahun ini yakni Donald Trump, Joe Biden, para petugas medis di garda terdepan berserta Dr. Anthony Fauci, dan Gerakan Keadilan Ras.

Di tahun 2020, majalah Time menetapkan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai ‘Person of The Year’. Inilah pertama kali Wakil Presiden AS muncul di cover majalah Time. Time kemudian membuat pengumuman di Twitter melalui akun resminya pada 11 Desember 2020. Postingan dapat dilihat disini (https://twitter.com/TIME/status/1337243797466603522).

Edward Felsenthal sebagai pemimpin redaksi Time menggambarkan cover terbarunya,

“for changing the American story, for showing that the forces of empathy are greater than the furies of division, for sharing a vision of healing in a grieving world, Joe Biden and Kamala Harris are TIME’s 2020 Person of the Year”. (untuk mengubah cerita Amerika, untuk menunjukkan bahwa kekuatan empati lebih besar daripada kemurkaan atas perpecahan, untuk berbagi visi menyembuhkan dunia yang sedang berduka, Joe Biden dan Kamala Harris adalah Person of the Year 2020 dari TIME).

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa gambar Xi Jinping di cover majalah Time ‘Person of The Year’ adalah hasil editan, sehingga postingan dari akun George A Peterson adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

====

REFERENSI:

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-altered-cover-image-of-time-shows-xi-jinping-as-person-of-the-year-1750546-2020-12-17

https://time.com/person-of-the-year-2020-joe-biden-kamala-harris/

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2020/12/16/fact-check-biden-harris-not-chinas-xi-grace-times-actual-cover/3904043001/

https://time.com/5919489/time-person-of-the-year-shortlist-2020

https://www.theguardian.com/us-news/2020/dec/11/joe-biden-and-kamala-harris-named-time-magazines-2020-person-of-the-year