[SALAH] “Rombongan Koruptor, Tak Satupun Yang Diborgol!?”

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Foto lama yang diambil pada tahun 2018. Pada saat itu belum ada aturan yang mewajibkan koruptor diborgol, aturan tersebut baru ada pada tahun 2019.

= = = = =

KATEGORI: FALSE CONTEXT / KONTEN YANG SALAH

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/mKsrw

https://archive.vn/ah3fo
= = = = =

NARASI:

“Ini bukan rombongan wisatawan. Tapi rombongan MALING GEDE alias KORUPTOR…
Nggak ada satupun yang diborgol, tuh…
Hehehehe …..”

“Rombongan koruptor, tak satupun yang diborgol!? 😤”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan di media sosial Facebook rombongan koruptor mengenakan jas oranye sedang antre dengan narasi “Rombongan koruptor, tak satupun yang diborgol”.

Foto tersebut diambil pada saat pemindahan sejumlah Anggota DPRD Kota Malang periode 2014-2019 pada 25 Juli 2018. Mereka ditahan KPK karena menjadi tersangka kasus suap APBD 2015 Kota Malang. Foto menampilkan suasana pemindahan tersangka dari Rumah Tahanan (Rutan) KPK Cabang Guntur, Jakarta ke Rutan Medaeng Surabaya dan Rutan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Ada total 18 orang, 13 orang menuju rutan Kejati Jatim dan 5 orang menuju rutan Medaeng. Mereka memang tidak diborgol karena pada saat itu aturan tangan diborgol belum berlaku.

Aturan sistem borgol terhadap tersangka korupsi mulai diterapkan sejak 2 Januari 2019. Dilansir dari medcom.id, pada hari pertama penerapan sistem borgol, beberapa tahanan yang diperiksa KPK di Jakarta datang dengan tangan diborgol. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan penerapan aturan tersebut mempertimbangkan aspek edukasi dan keamanan publik.

Dari penelusuran di atas diketahui bahwa aturan borgol berlaku sejak Januari 2019, sementara foto pada postingan diambil pada Juli 2018 sebelum ada penerapan aturan dari KPK. Sehingga status tersebut masuk kategori Konten yang Salah.

= = = = =

REFERENSI:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/xkEyya5k-foto-para-tersangka-korupsi-ini-tidak-diborgol-cek-faktanya
https://www.medcom.id/nasional/hukum/zNPWjxxK-pertimbangan-kpk-memborgol-koruptor
https://www.jawapos.com/jpg-today/25/07/2018/pindah-penginapan-tersangka-kasus-dugaan-suap-tunggu-masa-sidang/
https://jatimtimes.com/baca/177074/20180811/103500/kasus-18-anggota-dprd-kota-malang-segera-sidang-anggota-lain-antre-tunggu-panggilan