[SALAH] Perang antara TKA dan TKI di Morosi

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, kericuhan yang terjadi di Morosi, Sulawesi Tenggara, bukan merupakan perang antara TKA dengan TKI, melainkan demonstrasi buruh smelter nikel milik PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI).

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/sHipP

= = = = =

NARASI:

“Innalillahi waa Innailaihi rojiun…morosi berdarah udah perang antara cina n tenaga kerja di morosi. Gimana gak baku hantam upah buruh lokal 3,7 juta, upah buruh kasa cina 8-10 juta.”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook Kulvityh mengunggah sebuah informasi (16/12) yang menyatakan bahwa tengah terjadi kericuhan di Kecamatan Morosi, Sulawesi Tenggara, yang disebabkan karena pecahnya perang antara tenaga kerja asing (TKA) dari Tiongkok dengan tenaga kerja lokal.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada perang antara TKA dan TKI yang terjadi di Morosi. Kericuhan yang terjadi di Morosi disebabkan oleh demonstrasi buruh smelter nikel milik PT VDNI. Demonstrasi dimulai sejak Senin pagi, di mana para demonstran menuntut pengangkatan pekerja yang telah bekerja selama lebih dari 3 tahun untuk menjadi pekerja tetap, serta menuntut kenaikan upah bagi para pekerja yang sudah bekerja lebih dari satu tahun. Melansir dari CNN Indonesia, demonstrasi yang awalnya berlangsung damai menjadi ricuh setelah demonstran memaksa masuk ke area pabrik dan polisi mulai menembakkan gas air mata. Pada Senin sore, demonstran berhasil masuk ke area pabrik dan melakukan pembakaran serta pengrusakan terhadap puluhan fasilitas pabrik. Kericuhan berlangsung hingga senja.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh pengguna Facebook Kulvityh tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201215101741-20-582229/demo-buruh-ricuh-berujung-pembakaran-pabrik-nikel-di-konawe
https://www.cnbcindonesia.com/news/20201215125909-4-209202/ternyata-ini-pemicu-aksi-ricuh-pembakaran-smelter-nikel-vdni
https://regional.kompas.com/read/2020/12/15/06120581/demo-buruh-perusahaan-nikel-pt-vdni-di-konawe-rusuh-sejumlah-fasilitas?page=all