[SALAH] Kota Manado Zona Hitam Covid-19

Hasil Periksa Fakta Rizky Maulana (Universitas Bina Sarana Informatika).

Faktanya, Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel mengatakan bahwa pesan berantai terkait kota Manado masuk zona hitam Covid-19 sudah bisa dipastikan adalah hoax.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

= = = = =

KATEGORI: KONTEN PALSU

= = = = =

SUMBER: WHATSAPP & FACEBOOK

https://archive.vn/xja4p

= = = = =

NARASI:

WHATSAPP:

“Penting.!!!

Utk teman teman… saya baru selesai rpt evaluasi dengan teman penanggulangan COVID-19 Proponsi Sulut.. hasilnya Manado saat ini zona hitam, semua Rumah sakit rujukan COVID 19 FULL.. utk itu dihimbau agar taati prosudur kesehatan, pake masker cuci tangan, jaga jarak.. jgn pandang enteng kasiang, cm kota Manado hari2 50 sampai 60 pasien covid 19 …KUATKAN IMAN DAN IMUN agar kita AMAN…Gbu..

Rumah sakit Teling ( tentara ) untuk sementara di tutup.. 28 para medis terkena Covid..jadi torang musti lebih hati hati..taat aturan Protokol Kesehatan”

FACEBOOK:

“Warning…

Manado zona hitam Description: 😓Description: 😓” unggah akun Facebook Ella Tonggari, Selasa (16/12/2020).

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook Ella Tonggari mengunggah dua gambar yang diikuti dengan klaim bahwa kota Manado saat ini masuk dalam zona hitam Covid-19, postingan tersebut diunggah pada Selasa (16/12/2020).

Sebelumnya informasi serupa juga pernah tersebar melalui pesan berantai Whatsapp. Dalam pesan tersebut disebutkan juga bahwa Kota Manado telah menjadi zona hitam karena semua rumah sakit rujukan sudah full. Tak hanya itu, disebutkan jika Rumah Sakit Wolter Mongisidi telah ditutup karena adanya 28 tim medis yang terjangkit Covid-19.

Dari hasil penelusuran, faktanya informasi tersebut adalah tidak benar, Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel mengatakan, pesan berantai tersebut sudah bisa dipastikan adalah hoax.

Melansir kumparan.com, dikatakan Dandel, dalam zonasi penyebaran virus corona, tidak ada istilah zona hitam.

Menurutnya, zonasi hanya ada empat yakni, hijau, kuning, orange dan merah, sehingga narasi yang menyebutkan adanya zona hitam adalah salah.

“Mohon teman-teman wartawan untuk menginformasikan ke masyarakat, jika wilayah resiko COVID-19 tidak ada yang namanya zona hitam. Sekali lagi tidak pernah ada istilah hotam dalam zonasi,” kata Dandel.

Lanjut menurut Dandel, untuk kabar yang menyebutkan jika rumah sakit Wolter Mongisidi di Teling telah ditutup, hal itu juga tidak benar mengingat hingga saat ini semua pelayanan di rumah sakit tersebut tetap berlangsung.

“Tidak benar rumah sakit ditutup. Sampai sekarang rumah sakit Teling tetap merawat pasien,” kata Dandel kembali.

Sementara itu Minahasa, Bitung, Minahasa Selatan, BolaangMongondow, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan, Kota Kotamobagu, Kepulauan Sitaro dan Kepulauan Sangihe berada dalam zona orange dan Bolaang Mongondow Utara dan Talaud di zona resiko kuning.

Berdasarkan penjelasan tersebut, informasi yang menyebutkan bahwa Kota Manado masuk zona hitam virus Covid-19 adalah salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu.

===

REFERENSI:

https://kumparan.com/manadobacirita/manado-disebut-zona-hitam-corona-ini-penjelasan-satgas-covid-19-sulawesi-utara-1umTC8zdT7E

https://sulut.inews.id/berita/hoaks-pesan-berantai-manado-zona-hitam/all