[SALAH] Video Perampokan di City Square Mall Malaysia

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, video tersebut bukan merupakan video aksi perampokan, melainkan video iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh Kepolisian Johor Bahru, Malaysia, untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat akan aksi kejahatan yang terjadi di tempat umum.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/kI8l0

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Perampokan di siang hari terjadi di depan Mal City Square.. Wow! Teman-teman, berhati-hatilah jika sedang berada di jalanan..”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook Royz Gan mengunggah sebuah video yang menunjukkan seorang pria melakukan perampokan terhadap seorang wanita yang hendak menyeberang jalan. Unggahan tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa kejadia tersebut terjadi di depan Mal City Square, Johor Bahru, Malaysia.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video aksi perampokan, melainkan merupakan video iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh Kepolisian Johor Bahru, Malaysia, untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat akan aksi kejahatan yang terjadi di tempat umum. Video iklan layanan masyarakat tersebut telah diunggah oleh akun Facebook resmi Kepolisian Johor Bahru, Polis Daerah Johor Bahru Selatan, pada 1 Juli 2020 yang lalu.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh pengguna Facebook Royz Gan tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4413243/cek-fakta-hoaks-video-perampokan-di-pusat-perbelanjaan-malaysia-simak-kebenarannya
https://www.facebook.com/watch/?v=367647704209906
https://www.sinchew.com.my/content/content_2296945.html