[SALAH] Jalan Tol di Sumatra Membelah Kebun Kurma

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Informasi tersebut salah. Faktanya, foto tersebut adalah jalan tol Pekanbaru-Dumai yang membelah perkebunan sawit.

Selengkapnya ada di penjelasan!

= = = = =

[KATEGORI]: Konten yang Salah

= = = = =

[SUMBER]: FACEBOOK

https://archive.vn/dr1LP

= = = = =

[NARASI]:
Kanan kiri pohom kurma…😏
Yg kemarin nggak butuh jalan Tol, nggak usah lewat sini yah.. 😜

= = = = =

[PENJELASAN]:

Akun Facebook Jan Kurawa mengunggah sebuah foto, dengan narasi “Kanan kiri pohon kurma…😏 Yg kemarin nggak butuh jalan Tol, nggak usah lewat sini yah..😜”. Unggahan tersebut mendapat respon dari pengguna Facebook lain sebesar 433 suka, 52 komentar, dan 133 dibagikan.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa foto tersebut merupakan jalan tol pertama di Provinsi Riau yakni Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km, yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada 25 September 2020.

Foto identik ditemukan dalam artikel berjudul “Wuzzz! Ini Tol Pekanbaru-Dumai yang Baru Diresmikan Jokowi”. Artikel ini dimuat di situs berita finance.detik.com pada Sabtu, 26 September 2020.

Dilansir dari riau.suara.com, Peresmian tol Pekanbaru – Dumai dilakukan secara virtual. Presiden Jokowi berharap Tol Pekanbaru-Dumai menjadi model untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang usaha dan sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

“Ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju seperti yang tadi disampaikan Gubernur Riau, juga kawasan industri dan perkebunan lainnya,” ungkap Presiden Jokowi seperti yang ditulis Suara Riau.

Jalan tol tersebut dikelilingi perkebunan kelapa sawit. Presiden menambahkan bahwa jalan tol ini memudahkan truk-truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, angkutan logistik, dan angkutan penumpang akan lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim foto jalan tol dengan narasi di samping kanan kirinya pohon kurma adalah keliru. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam Konten yang Salah.

= = = = =

[REFERENSI]:
https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-5189103/wuzzz-ini-tol-pekanbaru-dumai-yang-baru-diresmikan-jokowi
https://riau.suara.com/read/2020/09/25/151831/tol-pekanbaru-dumai-telah-diresmikan-ini-pesan-jokowi-untuk-riau?page=all