[SALAH] Video Aksi Bunuh Diri di Roxy Mas Jakarta

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, video tersebut merupakan video kejadian bunuh diri yang dilakukan oleh kakak beradik di Apartemen Gateway Kota Bandung, Jawa Barat, pada 24 Juli 2017.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.md/8Mt9V

====

Narasi:

“INNA LILLAHI WAINNA ILAIHI ROJION Di Roxy Mas Jkt, bos toko bunuh diri loncat dari atas yg cowok dulu, menyusul bininya…katanya frustasi,…dagang sepi….hutang banyak ga bisa bayar….dampak covid 19 ???”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Siswo. M.T (@t_siswo) mengunggah video dengan narasi yang menyebutkan adanya kejadian bunuh diri yang dilakukan oleh pasangan suami istri di Roxy Mas Jakarta. Unggahan yang diunggah pada 13 November 2020 itu telah mendapatkan respon sebanyak 4 retweet, 4 balasan, dan 5 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan Twitter tersebut merupakan hoaks berulang yang telah beredar dengan klaim berbeda sejak tahun 2019. Hoaks tersebut pernah dibahas oleh Turn Back Hoax dengan judul “[SALAH] TERJADI AKSI BUNUH DIRI DI KAWASAN SUKOHARJO” pada 9 Januari 2019. Ditemukan video unggahan yang sama diunggah di YouTube oleh Arief Syah pada 24 Juli 2017 berjudul “Bunuh diri di apartemen gateway Cicadas BANDUNG”.

Mengutip dari Tempo, kejadian bunuh diri dilakukan oleh kakak beradik berusia 34 tahun dan 28 tahun dengan cara melompat dari ketinggian 20 meter lantai 5 Apartemen Gateway di Kota Bandung, Jawa Barat, pada 24 Juli 2017 sekitar pukul 17.00 WIB. Kepala Kepolisian Sektor Cibeunying Kidul Komisaris Anton Purwantoro menyebutkan, kakak beradik ini diduga loncat dari lantai 5 Apartemen Gateway lantaran memiliki gangguan kejiwaan.

“Jadi diduga kedua orang itu menurut dari keterangan kakkanya diperkirakan punya ganguan psikis. Sebelumnya, mereka pernah di rehab di Cikeas,” kata Anton saat ditemui wartawan di lokasi kejadian, Senin, 24 Juli 2017,” ujar Anton saat ditemui wartawan di lokasi kejadian, Senin, 24 Juli 2017.

Dengan demikian, unggahan akun Twitter Siswo. M.T (@t_siswo) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah karena video tersebut merupakan video kejadian bunuh diri yang dilakukan oleh kakak beradik di Apartemen Gateway Kota Bandung, Jawa Barat, pada 24 Juli 2017 dan bukan dilakukan oleh pasangan suami istri di Roxy Mas Jakarta.

====

Referensi:

https://nasional.tempo.co/read/894070/kakak-beradik-tewas-loncat-dari-apartemen-gateway-bandung