[SALAH] TERJADI AKSI BUNUH DIRI DI KAWASAN SUKOHARJO


Postingan ini berisi kejelasan informasi mengenai kejadian yakni aksi bunuh diri, yang diklaim seolah baru saja terjadi dan bertempat di sebuah gedung yang berada di wilayah Sukoharjo.
Selengkapnya terdapat di penjelasan!
KATEGORI: DISINFORMASI
===
SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP
===
NARASI: Baru terjadi di Solo,depan Mall Hartono.Daerah Ruko Soba Solo.Laki2 dan perempuan bunuh diri
===
PENJELASAN: Viral melalui pesan berantai WhatsApp, video aksi bunuh diri dua orang yang diklaim baru saja terjadi dan berlokasi di wilayah Sukoharjo. Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, terlihat beberapa orang tengah mengabadikan momen mengerikan yakni aksi bunuh diri yang dilakukan oleh dua orang tersebut.
Dalam informasi yang tersebar melalui pesan berantai, video tersebut diklaim baru saja terjadi dan berlokasi di sebuah gedung di wilayah Sukoharjo. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, narasi yang terdapat dalam pesan tersebut tidak sesuai dengan fakta sesungguhnya.
Melansir dari sloops.com, video tersebut rupanya sudah pernah diunggah oleh sejumlah akun di jejaring media social tepatnya satu tahun yang lalu. Video serupa juga banyak tersebar melalui youtube dengan berbagai macam judul.
Faktanya, video tersebut merupakan rekaman kejadian yang berlokasi di Apartemen Gateway, Cicadas, Bandung, Jawa Barat Juli 2017 lalu. Mengutip laporan detik.com pada 24 Juli 2017 dengan judul ‘2 Perempuan yang loncat dari apatemen Gateway adik kakak’. Diketahui peristiwa tersebut terjadi pada Senin 24 Juli 2017 pukul 17.WIB.
===
REFERENSI:
viral.solopos.com/read/20190107/486/963628/video-viral-dua-orang-bunuh-diri-dengan-terjun-dari-mal-di-solo-baru-hoax
https://news.okezone.com/read/2019/01/08/512/2001417/video-viral-2-perempuan-bunuh-diri-terjun-dari-mal-di-solo-hoaks
https://www.inews.id/daerah/jateng/video-hoaks-bunuh-diri-lompat-dari-gedung-di-sukoharjo-beredar/423009
https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3572138/2-perempuan-yang-loncat-dari-apartemen-gateway-adik-kakak
https://nasional.tempo.co/read/894070/kakak-beradik-tewas-loncat-dari-apartemen-gateway-bandung