[SALAH] Pernyataan SBY Terkait Kemenangan Partainya di Amerika Serikat

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, tidak ditemukan pernyataan dari SBY terkait kemenangan Joe Biden dari Partai Demokrat di pilpres AS dan Partai Demokrat di AS tidak berafiliasi dengan Partai Demokrat di Indonesia. Foto SBY yang digunakan pada unggahan Facebook itu ditemukan pada dua berita di detikNews tahun 2008.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah

====

Sumber: Facebook
https://archive.vn/iV6VM

====

Narasi:

Narasi unggahan:
“Hore demokrat menang di amerika”

Narasi dalam foto:
“Saya sangat bahagia karena partai kita menang di Amerika”

====

Penjelasan:


Akun Facebook Colombonus Condroyono mengunggah narasi beserta foto Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menggambarkan kemenangan partainya, Partai Demokrat, di pilpres Amerika Serikat. Unggahan yang diunggah pada 8 November 2020 ini telah mendapat respon sebanyak 11 reaksi, 2 komentar, dan dibagikan sebanyak 1 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ditemukan pernyataan dari SBY terkait kemenangan Joe Biden dari Partai Demokrat di pilpres AS dan Partai Demokrat di AS tidak berafiliasi dengan Partai Demokrat di Indonesia. Adapun pernyataan terkait kemenangan Joe Biden yang diusung Partai Demokrat AS datang dari cuitan akun Twitter resmi Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (@AgusYudhoyono).

“Selamat Amerika atas terpilihnya Presiden baru @Joebiden; yang diusung Partai Demokrat AS. Kemenangan Biden memberikan harapan bagi tatanan dunia baru yang mempersatukan keberagaman dan mengakhiri politik identitas yang membelah umat manusia,” cuit AHY pada 7 November 2020.

Selain itu, foto SBY yang digunakan pada unggahan Facebook itu ditemukan pada dua berita di detikNews tahun 2008 yang berjudul “Ultah Ke-59 SBY Bertabur Angka Sembilan” dan “DPR Jalan-jalan ke Luar Negeri, Pelajar RI Curhat ke SBY”.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Colombonus Condroyono dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah karena tidak ditemukan pernyataan dari SBY terkait kemenangan Joe Biden dari Partai Demokrat di pilpres AS dan Partai Demokrat di AS tidak berafiliasi dengan Partai Demokrat di Indonesia. Foto SBY yang digunakan pada unggahan Facebook itu ditemukan pada dua berita di detikNews tahun 2008.

====

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-1002665/ultah-ke-59-sby-bertabur-angka-sembilan

https://news.detik.com/berita/d-1025983/dpr-jalan-jalan-ke-luar-negeri-pelajar-ri-curhat-ke-sby

https://cekfakta.com/focus/5524