[SALAH] Batas Penukaran Tabung Biru Elpiji Menjadi Bright Gas Dibatasi Hingga Akhir Tahun

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga)

Dilansir dari akun resmi Instagram PT Pertamina berita bahwa penukaran tabung biru elpiji dibatasi hingga akhir tahun dan adanya biaya tambahan adalah tidak benar.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: KONTEN PALSU

====

SUMBER: Facebook

http://archive.today/2Ugbb

====

NARASI:

Sekilas info : Tabung gas biru batas penukaran sp akhir tahun ini,kalau beli isi ulang gas minta tab pink hrg nya gas aja spt biasa tp kalau lwt akhir thn msh punya tab biru penukaran tab biru tdk diterima lagi berarti kt hrs beli gas 12 kg + hrg tab jd sekitar 500 rb.

Mumpung msh ada kesempatan dr pemerintah tukarkan tab pink kita,jangan sampai ketinggalan blh info ke-teman2 anda

====

PENJELASAN:

Telah beredar narasi dari akun Facebook Aryono Ruslie yang mengatakan bahwa batas penukaran tabung gas biru sampai akhir tahun dan masyarakat bisa menggantinya dengan tabung pink atau bright gas. Selain itu jika lewat akhir tahun masih menukarkan tabung gas biru maka tidak diterima sehingga harus membeli baru 12 kg dengan harga beli menjadi 500 ribu.

Menurut akun resmi Instagram PT Pertamina mengungkapkan bahwa informasi tersebut palsu. Pihaknya membantah telah mengeluarkan kebijakan batas penukaran tabung gas biru menjadi pink di akhir tahun. Instagram story PT Pertamina melabeli klaim tersebut dengan cap HOAX.

Selain itu dalam akun Instagram resmi bright gas pihaknya juga mengklarifikasi lewat Instagram story bahwa informasi batas penukaran tabung biru menjadi pink adalah tidak benar. Pihaknya mengimbau agar masyarakat berhati-hati dalam menerima informasi.

Informasi lanjutan yang dilansir dari Liputan6.com pada 4 November 2020 berjudul “Pertamina mulai tukar tabung elpiji 12 kg jadi bright gas secara bertahap” Fajriyah Usman sebagai Vice President Corporate Communication PT Pertamina mengatakan penukaran tabung gas elpiji sudah dilakukan secara bertahap dan alamiah.

Artinya bahwa ketika tabung gas elpiji 12 kg telah habis ditukarkan maka masyarakat akan mendapatkan tabung gas pink atau bright gas yang disesuaikan dengan stoknya. Dalam hal ini maka tidak ada pembatasan waktu untuk penukaran gas elpiji 12 kg.

“Dilakukan secara natural saja. Tidak ada kewajiban, namun memang di agen LPG sudah diperbanyak tabung pink,” ujar Fajriyah kepada Liputan6.com pada Rabu (4/11/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan tabung gas elpiji berwarna biru dan pink pada dasarnya isinya sama saja dan harganya pun sama.

“Yang diperlukan konsumen, kan, isinya (tabung gas), ya,” tambahnya.

Eko Kristiawan selaku Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III menjelaskan bahwa penggantian tabung gas biru 12 kg dengan bright gas bukan berarti tabung biru otomatis tidak laku. Penggantian yang dilakukan pun tidak dipungut biaya tambahan.

“Harga isi ulangnya tetap sama dengan elpiji tabung biru,” ujarnya.

Berdasarkan hasil penelusuran di atas dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan penukaran tabung gas biru 12 kg dibatasi hingga akhir tahun serta dikenakan biaya tambahan adalah HOAX dan termasuk kategori KONTEN PALSU.

====

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4405680/cek-fakta-hoaks-biaya-tambahan-dan-batas-penukaran-tabung-biru-elpiji-menjadi-bright-gas

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-biaya-tambahan-dan-batas-penukaran-tabung-gas-biru-ke-bright-gas.html

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4399494/pertamina-mulai-tukar-tabung-elpiji-12-kg-jadi-bright-gas-secara-bertahap