[SALAH] Presiden Macron Dilempari Telur Karena Menghina Islam

Hasil periksa fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Namun faktanya, video tersebut adalah video lama ketika Presiden Macron melakukan kampanye di Paris pada tahun 2017 di sebuah acara Pameran Pertanian. Pelemparan itu dilakukan karena beberapa pihak tidak sepakat jika Prancis akan dipimpin oleh sosok yang berhaluan politik sentris.

Selengkapnya ada di penjelasan!!!

===

[KATEGORI]:
FALSE CONTEXT/ Konten Yang Salah

===

[SUMBER]:
INSTAGRAM

https://archive.vn/1Sd0Q

===

[NARASI]:

Pelemparan telor ke jidat presiden Prancis Immanuel Macron yang telah menghina dan melecehkan agama Islam.

===

[PENJELASAN]:

Salah satu akun Instagram membagikan cuplikan video dari Presiden Immanuel Macron dari Prancis yang dilempari telur oleh orang yang tidak dikenal.

Dalam narasinya, pemilik akun dengan nama @pengetahuanagama ini menyatakan bahwa, aksi pelemparan telur itu dikarenakan Presiden Macron telah menghina dan melecehkan agama Islam.

Namun dari hasil penelusuran, diketahui bahwa video itu direkam pada bulan Maret tahun 2017. Pelemparan telur di video tersebut bukan dikarenakan Presiden Macron yang telah menghina Islam. Faktanya video tersebut adalah video yang merekam kedatangan Macron ke Pameran Pertanian di Paris, untuk melakukan kampanye. Pelemparan dilakukan karena ada beberapa pihak yang tidak sepakat jika Prancis dipimpin oleh sosok yang berhaluan politik sentris.

Maka dapat disimpulkan bahwa narasi tentang pelemparan kepada Presiden Macron karena telah menghina dan melecehkan agama Islam merupakan hoaks kategori False Context atau konten yang salah.

===

[REFERENSI]:

https://www.bernas.id/34273-kandidat-presiden-perancis-dile…
https://newsmeter.in/fact-check-viral-video-of-egg-hitting…/
https://seo.misbar.com/…/old-video-of-macron-egged-in-public