[SALAH] “Holland memasang 600 jembatan seperti ini, untuk membantu hewan menyeberangi jalan”

Bukan di Holland, Belanda. Jembatan ekologi itu berada di Singapura. Jembatan yang membentang di Bukit Timah Expressway itu menghubungkan Cagar Alam Bukit Timah dengan Cagar Alam Catchment Central.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Donna Turner (fb.com/donna.turner.984786) mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan jembatan penyeberangan untuk hewan yang diklaim dipasang di Holland, Belanda.

Berikut narasi yang ada di gambar tersebut:

“Holland put 600 bridges like this, to help the animals cross the routes. Applause for the Netherlands” atau yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi: “Holland memasang 600 jembatan seperti ini, untuk membantu hewan menyeberangi jalan. Tepuk tangan untuk Belanda.”

Sumber : https://archive.md/C6q8P (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa di Holland, Belanda ada 600 jembatan untuk membantu hewan penyebrangan adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan di Holland, Belanda. Jembatan ekologi itu berada di Singapura. Jembatan yang membentang di Bukit Timah Expressway itu menghubungkan Cagar Alam Bukit Timah dengan Cagar Alam Catchment Central.

Dikutip dari Kompas, gambar yang identik, diunggah pada artikel berjudul “Animals Crossing Eco-Link@BKE: Safe passage for creatures over busy highway” yang dimuat di situs The Straits Times pada 11 Desember 2015.

Dikutip dari situs resmi National Parks Board Singapura, jembatan bernama Eco-Link@BKE ini merupakan bagian dari upaya Singapura untuk melestarikan keanekaragaman hayati dalam lanskap perkotaan. Konstruksi dimulai pada tahun 2011 dan berakhir pada tahun 2013. Jembatan ekologis pertama di Asia Tenggara, Eco-Link@BKE sepanjang 62m bertujuan untuk memulihkan hubungan ekologis antara dua cagar alam – Cagar Alam Bukit Timah dan Cagar Alam Catchment Central.

Dilansir dari Liputan6, Belanda juga mempunya 30 jembatan penyeberangan untuk satwa liar. Kendati bukan dari Belanda, jembatan untuk hewan liar itu tidak hanya bisa ditemui di Singapura. Jembatan ekologi seperti itu juga bisa ditemukan di negara-negara seperti Kanada dan Amerika Serikat.

REFERENSI
http://graphics.straitstimes.com/STI/STIMEDIA/Interactives/2015/11/feature-ecolink-BKE-national-parks/index.html
https://www.nparks.gov.sg/news/2015/11/factsheet-eco-link-at-bke
https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/02/213624565/klarifikasi-benarkah-jembatan-ini-ada-di-belanda?page=all#page2
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4400023/cek-fakta-benarkah-ini-jembatan-penyeberangan-untuk-hewan-di-belanda-simak-faktanya

About Adi Syafitrah 1359 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo