[SALAH] Surat Panggilan Wawancara Kerja PT. Lippo Malls Indonesia dengan Biaya Reservasi Tiket

Hasil Periksa Fakta Muhammad Padhliansyah (Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)

Surat palsu. Faktanya, PT. Lippo Malls Indonesia tidak pernah memungut biaya untuk proses seleksi kandidat dan tidak bekerja sama dengan maskapai atau platform ticketing mana pun.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: Surat Elektronik

====

Narasi:

“Sehubungan dengan rekruitmen calon karyawan pada perusahaan PT Lippo Malls Indonesia untuk wilayah kerja meliputi Region Sematera,Region Jawa, Region Kalimantan dan Bagian Indonesia Timur lainnya yang dilaksanakan di Departement of Human Resources Development PT Lippo Malls Indonesia, yang bertujuan untuk menentukan individu yang tepat dan berkualitas sesuai dengan tuntutan dan tantangan dari setiap posisi yang kami tawarkan guna mendukung keberhasilan dan keberkelanjutan dari kegiatan operasi PT Lippo Malls Indonesia disetiap wilayah kerja di Indonesia.

Berdasarkan hasil evaluasi awal Tim Recruitment Section Department ofHuman Resources Development terhadap lamaran pekerjaan saudara/(i) dengan ini kami menyatakan Telah Memenuhi Persyaratan Administrasi dan Kualifikasi dan saudara/(i) berhak untuk mengikuti tahapan seleksi User yang akan diadakan sesuai dengan jadwal sebagai berikut :

Hari, Tanggal : Rabu s/d Kamis, 04 s/d 05 November 2020
Waktu : 07.30 wib – Selesai (Lihat pada tabel)
Tempat : 2121 Boulevard Gajah Mada #01-01 Lippo Cyber Park Lippo Karawaci Utara Tangerang 15811, Indonesia”

===

Penjelasan:

Beredar sebuah surat elektronik (surel) oleh PT Lippo Malls Indonesia dengan perihal panggilan tes wawancara kerja. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa penerima surat dipanggil untuk proses wawancara dan datang ke alamat yang tertera di surat. Selain alamat, juga dilampirkan nama-nama yang lolos dan nomor tes. Surat tersebut juga melampirkan keterangan akomodasi peserta tes dengan mewajibkan reservasi tiket kepada bagian ticketing team interview untuk menuju lokasi tes.

Berdasarkan penelusuran, surat tersebut tidak benar. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh akun resmi PT. Lippo Malls Indonesia di Instagram (@lippomallsindonesia) dan juga Facebook (Lippo Malls Indonesia). Melalui akun resminya, PT. Lippo Malls Indonesia menyatakan bahwa surat tersebut bukan mereka yang mengeluarkan. PT. Lippo Malls Indonesia mengklaim bahwa perusahaan tidak pernah memungut biaya untuk proses seleksi kandidat dan tidak ada kerja sama dengan maskapai atau platform ticketing mana pun.

Dengan demikian, surat elektronik yang mengklaim bahwa PT. Lippo Malls Indonesia Indonesia mengadakan tes wawancara kerja dengan wajib reservasi tiket adalah tidak benar dan masuk dalam kategori konten palsu.

===

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CHFiuqAnBBY/

https://www.facebook.com/583141778539299/posts/1563891210464346/?app=fbl