[SALAH] “getah daun kemangi obat gatal-gatal”

Belum terbukti. Dokter kulit Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, dr Melyawati Hermawan, Sp. KK menyebut belum ada riset yang membuktikan daun kemangi dapat mengobati gatal pada kulit.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Irma Chairun Nisa (fb.com/100035922171665) mengunggah postingan dengan narasi sebagai berikut:

“Assalamualaikum……..
Pasti Ada yang pernah mengalami gatal2 seperti ini ???
Gatalnya minta ampuuuun
kadang ngegaruknya sampai berdarah
Alhamdulillah ketemu sama obatnya
Harganya sangat murah dan gampang dapatnya
Daun Kemangi/serawung..
Cukup gosokkan daun kemangi ditempat yang gatal usahakan gosok sampai air daun kemanginya keluar ya karna yang jadi obatnya itu getah daunnya
Indahnya berbagi..”

Sumber : https://bit.ly/3lIML5U (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Liputan6, klaim bahwa getah daun kemangi bisa menajdi obat gatal-gatal adalah klaim yang leiru.

Faktanya, klaim tersebut belum terbukti. Dokter kulit Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, dr Melyawati Hermawan, Sp. KK menyebut belum ada riset yang membuktikan daun kemangi dapat mengobati gatal pada kulit.

“Belum ada riset daun kemangi (mengobati gatal),” kata dokter Melyawati kepada Liputan6.com, Selasa (1/9/2020).

Dilansir dari Liputan6.com, daun kemangi memang memiliki manfaat bagi kulit. Tapi tidak dijelaskan bisa mengobati gatal pada kulit. Daun kemangi segar juga memiliki sejumlah khasiat untuk kulit wajah dan tubuh. Hal ini terutama karena sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi yang dimilikinya.Berikut ini kami uraikan beberapa khasiat kecantikan yang bisa didapatkan dari segenggam daun kemangi segar dari berbagai sumber.

1. Mencegah kanker kulit
Dilansir Spiceography, citral dan limonene yang terkandung di dalam kemangi memiliki khasiat antiinflamasi. Begitu juga dengan kandungan vitamin K tinggi yang dimilikinya. Tak hanya ampuh mengatasi peradangan pada jerawat, tetapi juga berkhasiat untuk mencegah kanker kulit.

2. Mencegah jerawat
Seperti dilansir Specialty Produce, kemangi mengandung beberapa jenis minyak esensial. Beberapa di antaranya adalah linalool, nerol dan citral. Ketiganya memiliki fungsi antimikroba dan antibakteri, jadi bisa melindungi kulit dari bakteri dan kuman pemicu jerawat.
Jika ingin memanfaatkan kemangi untuk mengatasi jerawat, ambil segenggam daunnya yang masih segar. Tumbuk dengan peralatan yang higienis, kemudian terapkan pada wajah.
Jika wajah berminyak, tambahkan sedikit air perasan lemon. Sementara bagi kulit kering perlu ditambahkan madu.

3. Meringankan penyakit kulit
Fungsi antimikroba dan antibakteri yang dimiliki kemangi juga efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, antara lain psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4345212/cek-fakta-benarkah-daun-kemangi-bisa-mengobati-gatal-kulit

https://www.healthline.com/nutrition/basil (Google Translate Chrome Extension)

https://www.liputan6.com/health/read/3859348/3-manfaat-hebat-daun-kemangi-segar-untuk-kulit

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo