[SALAH] Foto Yosi Mokalu Mengenakan Kaos Bertuliskan “BADAN ARAHAN BUZZERP ISTANA”

Foto sudah melalui proses penyuntingan. Berdasar pencarian, faktanya kaos yang dikenakan Yosi Mokalu tidak bertuliskan “BADAN ARAHAN BUZZERP ISTANA” melainkan “GOLDEN STATE WARRIORS”.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MANIPULATED CONTENT/ KONTEN YANG DIMANIPULASI

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, akun @TariNissaX membagikan foto yang memperlihatkan sosok Yosi Mokalu mengenakan kaos bertuliskan “BADAN ARAHAN BUZZERP ISTANA”. Unggahan tersebut  ditanggapi oleh 156 dan dibagikan sebanyak 18 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Coba melakukan penelusuran dengan mesin pencari gambar milik google, diketahui bahwa foto serupa pernah diunggah dalam laman kapanlagi.com. Dalam foto tersebut, Yosi terlihat mengenakan kaos berwarna putih, namun BUKAN bertuliskan “BADAN ARAHAN BUZZERP ISTANA” melainkan “GOLDEN STATE WARRIORS”.

Jika merujuk pada fakta yang ada, unggahan @TariNissaX masuk ke dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi. Konten jenis ini biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

===

REFERENSI:

https://www.kapanlagi.com/yosi-project-pop/foto/foto-yosi-project-pop-074.html

https://entertainment.kompas.com/read/2017/10/02/163404310/yosi-mokalu-bangga-dengan-batik

https://archive.fo/BsVjj