[SALAH] Air Rebusan Pepaya Muda Bisa Sembuhkan Kanker Kelenjar Getah Bening

Informasi palsu. Hingga saat ini belum ada bukti kuat yang mendukung klaim tersebut. Dokter spesialis hematologi dan onkologi Ronald Alexander Hukom menjelaskan, kelenjar getah bening jika sudah menjadi kanker tidak bisa disembuhkan dengan meminum air rebusan buah papaya.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

===

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, akun @RimaRahmani mengunggah informasi seputar klaim air rebusan buah papaya muda dapat menyembuhkan kelenjar getah bening. Hingga saat ini unggahan @RimaRahmani telah mendapat 52 tanggapan dan dibagikan sebanyak 542 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Coba melakukan penelusuran lebih lanjut, belakangan diketahui jika klaim tersebut tidak tepat adanya. Melansir dari liputan6.com, dokter spesialis hematologi dan onkologi Ronald Alexander Hukom menuturkan jika klaim meminum air rebusann buah papaya muda dapat menyembuhkann penyakit kanker getah bening belum terbukti.

“Perlu bukti lebih kuat,” pungkas Ronald.

Ronald turut menjelaskan jika kelernjar getah bening jika sudah menjadi kanker, tidak bisa disembuhkan dengan meminum air rebusan papaya.

“Setahu saya untuk kanker tak ada buktinya. Itu tidak benar,” jelasnya.

Penelusuran lain juga tertuju pada artikel milik tirto.id berjudul “6 Obat Alami Atasi Masalah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening”. Mengutip dari pemberitaan tersebut, dijelaskan obat alami yang dapat dijadikan pengobatan gejala pembengkakan kelenjar getah bening menurut dokter kiropraktik, dokter obat alami bersertifikat dan ahli gizi klinis Josh Axe.

Beberapa obat alami yang dimaksud Josh Axe terdiri dari bawang putih, madu manuka, cuka apel, vitamin c, minyak oregano dan kompres dengan es batu. Dari paparan Josh Axe, tidak ditemukan informasi adanya buah papaya ataupun air rebusan buah papaya yang bisa mengobati kelenjar getah bening.

Jika mengacu pada referensi yang ada, tidak ditemukan adanya bukti kuat terkait dengan klaim air rebusan buah papaya muda mampu sembuhkan kelenjar getah bening. Klaim tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4346191/cek-fakta-tidak-benar-kanker-getah-bening-bisa-sembuh-dengan-minum-air-rebusan-pepaya-muda
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-air-rebusan-pepaya-muda-bisa-sembuhkan-kanker-getah-bening.html
https://tirto.id/6-obat-alami-atasi-masalah-pembengkakan-kelenjar-getah-bening-ejKM
https://archive.fo/GGemM