[SALAH] Foto Motor beserta Pengendaranya Terbakar Akibat Ponsel

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Foto dengan narasi yang salah. Faktanya, terbakarnya motor beserta pengendaranya terjadi akibat diserempet sebuah truk sehingga jerigen berisi BBM jenis Premium yang diangkut tumpah mengenai kepala busi motor, bukan karena menyimpan ponsel di dalam jok motor.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah/False Context

====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/4lW7A

====

Narasi:

โ€œ. ๐Š๐ž๐ฃ๐š๐๐ข๐š๐ง ๐›๐ž๐›๐ซ๐ฉ๐š ๐ฆ๐ž๐ง๐ข๐ญ ๐ฒ๐  ๐ฅ๐š๐ฅ๐ฎ๐Ÿ˜ข๐€๐ค๐ข๐›๐š๐ญ ๐ฆ๐ž๐ง๐ฒ๐ข๐ฆ๐ฉ๐š๐ง ๐‡๐ ๐๐ข ๐๐ฅ๐ฆ ๐ฃ๐จ๐ค ๐ฆ๐จ๐ญ๐ซ.. ๐๐จ๐ฌ๐ข๐ฌ๐ข ๐ค๐ž๐š๐๐š๐š๐ง ๐ฆ๐ž๐ฆ๐›๐š๐ฐ๐š ๐›๐ž๐ง๐ฌ๐ข๐ง ๐Ÿ ๐ฃ๐ซ๐ข๐ ๐ž๐ง ๐Ÿ˜ญโ€

====

Penjelasan:

Akun Facebook As Phugell mengunggah narasi dengan disertai foto yang memperlihatkan sebuah motor beserta pengendaranya terbakar akibat menyimpan ponsel di dalam jok motor pada 12 Agustus 2020. Unggahan tersebut telah mendapatkan respon sebanyak 314 reaksi, 52 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 1.100 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto terbakarnya motor beserta pengendaranya tersebut bukan diakibatkan oleh ponsel yang disimpan di dalam jok motor, melaikan akibat dari kecelakaan yang dialami oleh Degonsa Kolo, seorang staf Puskesmas Noemuti, Kabupaten Timor Tengah, Nusa Tenggara Utara pada 12 Agustus 2020. Dikutip dari portal berita Kompas, korban tewas dengan tubuh hangus terbakar bersama sepeda motor yang dikendarainya di jalan raya kilometer 9 Jurusan Kupang, Desa Niola, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara.

“Kejadiannya pagi tadi sekitar pukul 08.00 Wita,” ungkap Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, saat dihubungi Kompas, melalui sambungan telepon.

Informasi serupa juga ditayangkan dalam bentuk video yang diunggah oleh kanal YouTube Kompas TV Kupang pada 12 Agustus 2020. Menurut informasi yang diperoleh Kompas TV Kupang, korban awalnya mengendarai sepeda motor dari arah Kota Kefamenanu menuju tempat tugasnya dengan memuat jerigen berisi BBM jenis Premium. Saat di pertengahan perjalanan korban diserempet sebuah truk hingga terjatuh dan BBM yang diangkutnya tumpah mengenai kepala busi motor dan langsung terbakar yang membuat korban tidak bisa diselamatkan karena kobaran api telah merambat keseluruh tubuh korban.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook As Phugell dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah/False Context. Hal ini dikarenakan peristiwa terbakarnya motor beserta pengendaranya terjadi akibat kecelakaan yang dialami pengendara motor tersebut.

====

Referensi:

https://regional.kompas.com/read/2020/08/12/10331291/asn-puskesmas-ditemukan-tewas-dengan-tubuh-terbakar-bersama-sepeda-motor?page=all

https://cekfakta.tempo.co/fakta/950/fakta-atau-hoaks-benarkah-pengendara-motor-ini-terbakar-akibat-hp-di-joknya-meledak