[SALAH] “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan”

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945).

Judul artikel merupakan hasil suntingan. Judul asli artikel yang tayang pada 31 Mei 2019 itu ialah “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu 2019”. Suntingan artikel ini merupakan hoaks yang berulang dan sudah lama beredar sebelumnya.

= = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = =

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/2BCyB

= = =

NARASI:

Akun Facebook Alamsyah mengunggah gambar pada 13/8/2020 berupa hasil tangkapan layar artikel Republika.co.id  yang berjudul “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemillu Walau Banyak Kecurangan” yang tayang pada 31 Mei 2019, dalam gambar itu juga terdapat narasi yang berbunyi “ MANTAB!!! Satu²nya Di Dunia Ada Negara Minta Rakyatnya Hormati “Perampokan” Brutal!! #RezimKeblinger

Akun Alamsyah juga menambahkan narasi pada unggahan gambar tersebut yang berbunyi sebagai berikut:

“Yang curang pasti celaka, masuk dah ke golongan orang orang yang celaka”

= = =

PENJELASAN:

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa artikel tersebut ialah hasil suntingan dari artikel asli Republika.co.id dengan judul “Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu 2019” tayang pada Jumat, 31 Mei 2019 yang ditulis oleh Dian Erika Nugraheny. Dalam Artikel tersebut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, menghimbau Masyarakat untuk menghormati hasil Pemilu 2019. Semua pemimpin yang terpilih lewat pemilu perlu didukung untuk memimpin Indonesia lima tahun mendatang.

“Pemilu 2019 sudah kita laksanakan, puasa ramadhan sudah kita tunaikan. Jadi mari sama-sama kita raih kemenangan untuk semua, karena sebetulnya ini kemenangan bersama. Siapa pun yang terpilih, mereka adalah pemimpin kita, mau 01 mau 02, mau partai nomor 1, 2, 3, sampai 20,” ujar Arief kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/5).

Dengan demikian, artikel berita tersebut adalah konten yang dimanipulasi, karena telah dilakukan penyuntingan di bagian judul artikel tersebut.

= = =

REFERENSI:

https://republika.co.id/berita/nasional/politik/psd63s409/ketua-kpu-imbau-masyarakat-hormati-hasil-pemilu-2019/tradisiramadhan?fbclid=IwAR3GiJ1MzYCOApa1SnsJeDIrskOCzpME6scgA67vCyRfgfGPfvBqnKGTNYA