[SALAH] Foto “Putri Presiden Rusia Vladimir Putin, Orang Pertama yang Sudah Divaksin Dengan Vaksin Tim Kedokteran Rusia”

Foto yang dibagikan bukan foto anak perempuan Presiden Rusia Vladimir Putin yang ikut dalam pengujian vaksin Covid-19 buatan Rusia. Foto tersebut diketahui merupakan salah seorang relawan uji vaksin bernama Natalia.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/4aFdi

=====

Narasi:

“Putri Presiden Rusia Vladimir Putin … orang pertama yg sdh divaksin dgn vaksin yg ditemukan oleh tim kedokteran #Rusia, bukan vaksin buatan Cina😝  dan ini keteladanan seorang pemimpin negara yg berani ambil resiko, putrinya divaksin terlebih dahulu sebelum di vaksinkan ke rakyatnya … 👍👍👍”

=====

Penjelasan:

Beredar unggahan foto dengan diklaim foto putri dari Presiden Rusia Vladimir Putin yang menjadi relawan untuk pengujian vaksin hasil temuan tim kedokteran Rusia. Foto perempuan tersebut terlihat menggunakan kaus berwarna merah.

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari liputan6.com, diketahui bahwa foto tersebut berasal dari video pada laman rt.com dengan judul artikel “Covid-19 vaccine created by Russian military is closer to approval after last volunteers discharged from hospital (VIDEO).” Artikel itu diunggah pada tanggal 20 Juli 2020. Isi artikel itu mengenai proses pengujian klinis atas vaksin Covid-19 temuan Rusia.

Proses pengujian itu melibatkan relawan yang terdiri dari anggota militer dan sipil. Namun, dalam artikel tersebut tidak disebutkan perempuan tersebut merupakan anak Presiden Putin.

Mengacu kepada hasil laporan thequint.com, india.com, dan thelogicalindian.com, diketahui bahwa nama dari relawan perempuan berkaus merah tersebut ialah Natalia. Temuan itu berasal dari video dari kanal Youtube Vyacheslav KALININ yang diunggah pada 25 Juni 2020.

Pada bagian keterangan video tersebut disebutkan bahwa perempuan itu bernama Natalia. Masih mengacu kepada keterangan video tersebut, diketahui bahwa Natalia merupakan tentara perempuan yang tengah menempuh pendidikan Kirov Military Medical Academy untuk menjadi dokter militer.

Video serupa yang menampilkan sosok perempuan berkaus merah tersebut juga terdapat di laman newstube.mirtesen.ru. Pada artikel berjudul “When can the coronavirus vaccine be used?” (artikel diterjemahkan dari Bahasa Rusia ke Bahasa Inggris menggunakan Tools Google Translate), disebutkan pula perempuan tersebut bernama Natalia. Artikel yang ditulis oleh Mikhail Belyaev menyebutkan bahwa sosok perempuan dalam video itu bernama Natalia.

Adapun, diketahui dari timesofindia.com pada artikel berjudul “Here’s all you need to know about Vladimir Putin’s family” yang tayang pada 11 Agustus 2020, Presiden Putin memiliki dua orang anak perempuan bernama Maria dan Katerina. Maria diketahui berprofesi sebagai peneliti sedangkan Katerina merupakan seorang penari.

Presiden Putin memang mengklaim bahwa putrinya menjadi salah seorang sukarelawan untuk menguji vaksin Covid-19 buatan Rusia, Sputnik V. Namun, ia tidak menyebutkan siapa nama dari dua anaknya yang menjadi relawan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, foto yang tersebar merupakan foto Natalia, salah seorang relawan pengujian vaksin Covid-19 buatan Rusia yang berprofesi sebagai tentara, bukan foto anak perempuan Presiden Putin. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1260524564280076/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4330757/cek-fakta-tidak-benar-foto-wanita-yang-sedang-divaksin-adalah-putri-presiden-rusia-vladimir-putin

https://www.thequint.com/news/webqoof/no-that-is-not-vladimir-putin-daughter-being-vaccinated-for-covid-19

https://www.india.com/viral/fake-news-the-girl-receiving-covid-19-vaccine-in-this-viral-video-is-not-vladimir-putins-daughter-4108489/

https://thelogicalindian.com/fact-check/video-vladimir-putin-daughter-vaccine-covid-19-22943

https://www.rt.com/russia/495273-russian-military-covid-vaccine/

https://newstube.mirtesen.ru/blog/43743054493/Kogda-mozhno-budet-ispolzovat-vaktsinu-ot-koronavirusa

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/spotlight/putin-family-heres-all-you-need-to-know-about-vladimir-putins-family/photostory/77487587.cms?picid=77487605

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200812141053-33-179265/top-putri-presiden-putin-jadi-sukarelawan-vaksin-covid-rusia