[SALAH] Hantu Nge-GYM (Olahraga) di Taman Jhansi, India Karena Tidak Ada Orang Selama Corona

Bukan hantu, melainkan alat olahraga di taman tersebut terlalu banyak pelumas sehingga pergerakannya terlalu licin dan tidak berhenti.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Facebook

https://archive.fo/qApaR

=====

Narasi:

“Weird things happening at deserted Japani park rohini, (due to corona fear, nobody visits park) ghost was exercising after 7 pm witnessed by full police team.”

=====

Penjelasan:

Beredar video salah satu alat olahraga (GYM) di taman bergerak sendiri. Dalam narasi, disebutkan bahwa kejadian tersebut lantaran taman tidak dikunjungi orang selama masa Covid-19 sehingga digunakan oleh hantu. Dalam narasi tersebut juga kejadian di India.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa penyebab alat olahraga itu bergerak sendiri bukan hantu. Dilansir dari indiatoday.in, alat tersebut bisa bergerak sendiri lantaran pelumas di engselnya terlalu licin. Hal itu membuat alat ketika digoyangkan akan bergerak sendiri terus-menerus.

Selain itu, akun Twitter @cricketaakash mengunggah video yang menampilkan alat olahraga tersebut digoyangkan lalu alat itu tidak berhenti. Uji coba yang sama pun dilakukan oleh pihak kepolisian yang datang ke lokasi. Lantaran terlalu banyak pelumasnya, alat tersebut tidak berhenti gergerak.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim bahwa hantu berolahraga menggunakan alat olahraga (GYM) di Taman Jhansi, India tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1209142746084925/

https://thelogicalindian.com/fact-check/paranormal-activity-jhansi-japanese-park-delhi-rohini-21667

https://www.indiatoday.in/trending-news/story/viral-video-of-exercise-machine-moving-on-its-own-in-jhansi-shocks-twitter-reason-will-leave-you-in-splits-1688509-2020-06-13