[SALAH] “fadlizon mendaulat Anies jadi Duta Germo”

Bukan dari Fadli Zon. Pernyataan dalam artikel itu adalah tantangan dari warganet kepada Fadli Zon agar berani menyematkan julukan duta tersebut kepada Anies Baswedan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Akun Catatan EMAS EdyMasran (fb.com/catatanemas) mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“TUKANG BO’ONG JADI DUTA GERMO?
Demi mewujudkan janji saat kampanye “Jakarta Bermaksiat”, @aniesbaswedan segera menyiapkan ‘New Normal’ untuk Diskotek dan Panti Pijat. Atas prestasi spektakuler membuka Diskotek dan Panti Pijat yang dipuja kaum kadrun kadal gurun ini, @fadlizon mendaulat Anies jadi Duta Germo.”

Selengkapnya di https://archive.md/ouHRN (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa Fadli Zon mendaulat Anies Baswedan menjadi Duta Germo adalah klaim yang salah.

Pernyataan tersebut bukanlah berasal dari Fadli Zon. Pernyataan dalam artikel berjudul “DKI Segera Buka Panti Pijat, Fadli Zon Bilang Anies Duta Germo?” adalah tantangan dari warganet kepada Fadli Zon agar berani menyematkan julukan duta tersebut kepada Anies.

Dari artikel yang dilansir dari situs wartaekonomi.co.id berisi narasi sebagai berikut:

“Sebelumnya juga, cuitan Politisi Partai Gerindra Fadli Zon yang menyindir Presiden Jokowi dengan menyebut Duta Mall Indonesia saat melakukan kunjungan ke pusat perbelanjaan di Bekasi
“Luar biasa kepedulian P @jokowi pd mall, bisa dikatakan “Duta Mall Indonesia”. Apakabar pasar tradisional n pasar rakyat? tulis Fadli Zon.
Kontan saja, cuitan warganet viral menanggapi pernyataan Fadli Zon dengan bandingkan kesiapan Gubernur Anies Baswedan dalam menghadapi masa New Normal yang diketahui pihaknya tengah persiapkan aturan tentang hiburan malam termasuk jasa panti pijat.
“Nunggu @fadlizon…Nyinyirin @aniesbaswedan.” kata pengguna akun Facebook @Paijem, Kamis (4/6/2020).
Ia pun melampirkan status bertuliskan: “Saat Pak Jokowi check persiapan Mall, Fadli Zon bilang Jokowisbg Duta Maii.Skrg Anies persiapkan aturan PantiPijet dan Diskotik,Akankah Fadli Zon bilang Anies sbg Duta Germo?”

Dilansir dari vivanews.com,akun twitter @fadlizon, sebelumnya ia membalas unggahan akun twitter @malbekasi mengunggah foto Jokowi saat berkunjung ke mal tersebut. Fadli Zon membalas cuitan tersebut dengan menyindir Jokowi. Ia juga mempertanyakan bagaimana dengan pasar tradisional.

Sebelumnya, terkait klaim bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan izinkan diskotik dan pantai pijat buka di Jakarta, sudah diperiksa faktanya, dan Anies Baswedan belum memutuskan semua sektor usaha di DKI Jakarta bisa kembali beroperasi. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta masih menyiapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di tempat hiburan malam (THM) seperti diskotek dan panti pijat.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/8koB87Rb-cek-fakta-dki-segera-buka-panti-pijat-fadli-zon-bilang-anies-duta-ge-o
https://www.wartaekonomi.co.id/read288422/dki-segera-buka-panti-pijat-fadli-zon-bilang-anies-duta-germo/0
https://www.vivanews.com/berita/nasional/50376-fadli-zon-sebut-jokowi-duta-mal-indonesia?medium=autonext
https://turnbackhoax.id/2020/06/11/salah-anies-kembali-izinkan-diskotik-dan-pantai-pijat-buka-di-jakarta/

About Adi Syafitrah 1362 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo