[SALAH] Foto Jokowi Mengenakan Kemeja Merah Berlogo Palu Arit

Unggahan akun Facebook Rambo Tiger atau @rambo.tiger.7923 yang berisi foto Presiden Jokowi mengenakan kemeja merah berlogo palu arit dengan narasi bahwa Jokowi satu – satunya Presiden RI yang meminta maaf kepada PKI adalah salah. Foto aslinya diambil saat Jokowi kampanye sebagai Calon Presiden 2014 di Malang, Jawa Timur. Pada bagian kanan kemeja bukan logo palu arit, tetapi bed merah putih. Jokowi sendiri sebelumnya juga sudah menyatakan tidak ada pikiran dan rencana minta maaf kepada PKI.

=====

KATEGORI: Manipulated Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“TERJAWAB SUDAH KENAPA JOKOWI SEORANG PRESIDEN MEMINTA MAAF KEPADA KELUARGA PKI KOMUNIS , DARI KEMERDEKAAN RI 1945 BELUM PERNAH SEORANG PRESIDEN RI MEMINTA MAAF KEPADA PKI , BARU JOKOWI , TERNYATA PERMAINAN POLITIK BAPAK MEMINTA MAAF KE PADA ANAK2 NYA, MALING TERIAK MALING 🤣🤣🤣🤣,” tulis akun Facebook Rambo Tiger atau @rambo.tiger.7923, Minggu (3/5).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Rambo Tiger atau @rambo.tiger.7923 mengunggah foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang nampak memegang dua (2) mic sekaligus kertas di tangan kirinya. Pada gambar itu juga terlihat Presiden Jokowi mengenakan kemeja berwarna merah dengan bagian lengan kemeja yang dilipat sebagian dan logo palu arit di sebelah bagian dada kanan nya.

Pada unggahan itu, akun Facebook Rambo Tiger menyatakan bahwa Presiden Jokowi ialah satu – satunya Presiden Republik Indonesia (RI) yang meminta maaf kepada PKI. Berikut narasi lengkapnya:

“TERJAWAB SUDAH KENAPA JOKOWI SEORANG PRESIDEN MEMINTA MAAF KEPADA KELUARGA PKI KOMUNIS , DARI KEMERDEKAAN RI 1945 BELUM PERNAH SEORANG PRESIDEN RI MEMINTA MAAF KEPADA PKI , BARU JOKOWI , TERNYATA PERMAINAN POLITIK BAPAK MEMINTA MAAF KE PADA ANAK2 NYA, MALING TERIAK MALING 🤣🤣🤣🤣,” tulis akun Facebook Rambo Tiger atau @rambo.tiger.7923, Minggu (3/5).

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, klaim foto dan narasi dari akun Facebook Rambo Tiger adalah salah atau keliru.

Diketahui foto Presiden Jokowi yang diunggah oleh akun Facebook Rambo Tiger adalah saat ia melakukan kampanye sebagai Calon Presiden di Lapangan Mulyorejo, Malang, Jawa Timur, Minggu, 30 Maret 2014.

Foto yang diunggah akun Facebook Rambo Tiger mempunyai kemiripan dengan foto karya Jurnalis Liputan6.com, Herman Zakaria. Foto Herman Zakaria dapat dilihat pada artikel bertajuk “Di Rakernas PDIP, Jokowi akan Pidato Sebagai Kader dan Presiden” dengan keterangan “foto Jokowi hadiri kampanye PDIP di Malang, Jatim (Herman Zakharia/Liputan6.com).”

Kesamaan antara foto yang diunggah akun Facebook Rambo Tiger dengan foto Jurnalis Herman adalah, Presiden Jokowi sama – sama mengenakan kemeja merah dengan bagian lengan yang dilipat sebagian. Kemudian kesamaan yang lain, Presiden Jokowi juga memegang dua mic dengan di bagian leher mic terdapat lingkaran berwarna merah dan di ujung bawah bagian mic berwarna biru. Ditambah lagi kesamaannya, Presiden Jokowi memegang kedua mic tersebut dan kertas di tangan kiri.

Namun, perbedaannya adalah, dari foto akun Facebook Rambo Tiger, di bagian dada pada kemeja Presiden Jokowi ada logo palu arit. Sementara pada foto Jurnalis Herman, di bagian dada sebelah kanan pada kemeja Jokowi adalah bed merah putih.

Foto sisi yang berbeda dari peristiwa Presiden Jokowi saat berkampanye di Malang 2014 itu, juga dapat dilihat di laman tjahjokumolo.com dengan judul artikel “Ditemani Tjahjo dan Da’i Bachtiar, Jokowi Kampanye di Malang Jatim.”

Selain foto ada juga vidoe Youtube yang menampilkan Presiden Jokowi memegang dua mic dan kertas di tangan kirinya. Video dari Liputan 6 itu ditayangkan akun MultiDimensi dengan judul “Kampanye Jokowi Di Kota Malang, Jawa Timur” pada 1 April 2014.

Lalu terkait klaim akun Facebook Rambo Tiger yang mengatakan Presiden Jokowi adalah satu – satunya Presiden RI yang meminta maaf kepada PKI adalah salah. Pada tahun 2015 dan 2016, Presiden Jokowi telah menyatakan bahwanya dirinya tidak mempunyai pikiran dan rencana meminta maaf kepada PKI.

Diketahui Polri juga pernah mengamankan pelaku penyebar isu Presiden Jokowi akan meminta maaf kepada PKI pada tahun 2015.

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/K5Iy8
2.https://web.facebook.com/groups/290936285033114/permalink/746856932774378/
3.https://www.liputan6.com/news/read/2407898/di-rakernas-pdip-jokowi-akan-pidato-sebagai-kader-dan-presiden
4.https://www.tjahjokumolo.com/ditemani-tjahjo-dan-dai-bachtiar-jokowi-kampanye-di-malang-jatim/
5.https://nasional.kompas.com/read/2016/06/27/21322291/jokowi.tidak.ada.rencana.dan.pikiran.saya.minta.maaf.kepada.pki
6. https://www.beritasatu.com/nasional/311100/jokowi-tidak-ada-permintaan-maaf-kepada-pki
7.https://nasional.kompas.com/read/2015/09/30/18203441/Identitas.Penyebar.Isu.Jokowi.Minta.Maaf.ke.PKI.Sudah.di.Tangan.Polisi

8. https://www.youtube.com/watch?v=nlaobaYKFGU