[SALAH] Akun Palsu “Bupati Pasuruan Minta Penggalangan Dana Covid-19”

Sebuah akun Facebook mengatasnamakan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf muncul dan meminta penggalangan dana untuk penanganan virus corona atau Covid-19. Banyaknya laporan yang masuk terkait dengan akun tersebut membuat Sekretaris Daerah beserta Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan angkat bicara.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

PENJELASAN: Sebuah akun Facebook mengatasnamakan Bupati Pasuruan Isyad Yusuf muncul dan mengajak masyarakat berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk kegiatan bakti sosial penanggulangan Covid-19. Menurut percakapan yang berhasil diabadikan dalam tangkapan layar, pihak yang mengatasnamakan Bupati Pasuruan itu turut serta menyertakan nomor rekening atas nama Okta Sari.

Menanggapi banyaknya laporan terkait dengan akun tersebut, Sekretasi Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan pun memberikan klarifikasi terkait akun tersebut. Melansir dari jatim.kabardaerah.com, Sekretaris Daerah Misbah Zunib menyatakan bahwa secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah, Bupati Pasuruan tidak pernah meminta dana bantuan kepada masyarakat seperti halnya yang disebutkan oleh akun palsu tersebut.

Pernyataan serupa juga dilontarkan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan. Melansir dari radarbromo.jawapos.com, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan Syaifudin Ahmad menyatakan tidak benar bahwa ada penggalangan dana seperti halnya yang diminta oleh akun palsu mengatasnamakan Bupati Pasuruan tersebut.

“Jadi itu memang hoaks dan tidak benar. Apalagi mengatasnamakan secara pribadi di akun Facebook,” tegasnya.

Akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Pasuruan tersebut masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan. Imposter content sendiri terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh.Top of FormBottom of Form

===

REFERENSI: